SHS: DOB Untuk Kesejahteraan Rakyat

SHS tandatangani Peta Calon Daerah Otonom Baru (DOB) Kabupaten Talaud SelatanSHS tandatangani Peta Calon Daerah Otonom Baru (DOB) Kabupaten Talaud Selatan

Melonguane-Gubernur Sulut DR Sinyo Harry Sarundajang (SHS) saat penandatangan Peta Calon Daerah Otonom Baru (DOB) Kabupaten Talaud Selatan yang diterbitkan oleh Badan Informasi Geospasial (BIG) pada Selasa (22/07/2014) lalu di Melonguane, mengatakan DOB adalah untuk kesejahteraan masyarakat.

Dalam penandatangan tersebut SHS didampingi Wagub Sulut DR Djouhari Kansil, MPd, Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Talaud Drs Engelbertus Tatibi, ME, Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud yang baru dilantik Sri Wahyumi Maria Manalip, SE, dan Sekda Kabupaten Kepualauan Talaud, Ir Jimmy Gagola, MSi.

SHS berharap DOB Talaud Selatan akan segera terwujud dalam jangka waktu dekat ini karena menurutnya Pemekaran Daerah adalah untuk mengatasi jauhnya jarak rentang kendali antara pemerintah dan masyarakat, serta memberi kesempatan pada daerah untuk melakukan pemerataan pembangunan, disamping itu adalah diupayakannya pengembangan demokrasi lokal melalui pembagian kekuasaan pada tingkat yang lebih kecil.

Dikatakan SHS, keinginan untuk membentuk daerah otonomi sendiri melalui mekanisme pemekaran wilayah yang sudah di rencanakan secara top down maupun melalui usulan warganya saat ini menunjukkan keinginan masyarakat wilayah tersebut untuk memperoleh benefit yang lebih besar dari proses pembangunan disamping kendala-kendala yang tejadi secara administrasi karena jauhnya letak geografis wilayah tersebut dari pusat kekuasaan kabupaten dan terutama kurangnya pelayanan publik.

“Namun demikian pada hakekatnya tujuan dari dibentuknya daerah otonomi baru adalah untuk mensejahterakan masyarakat,”katanya.

Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Setdaprov Sulut Dra Lynda D Watania, Msi, menyebutkan Peta Calon DOB Kabupaten talaud Selatan ini adalah merupakan salah satu persyaratan yang dimintakan DPR RI yang akan dijadikan sebagai lampiran Undang-Undang Penetapan Kabupaten Talaud Selatan di Provinsi Sulawesi Utara.

Watania berharap Undang-undang tentang Penetapan DOB ini akan segera disahkan oleh DPR RI, sehingga impian masyarakat untuk menjadi Kabupaten Talaud Selatan yang baru dapat segera terwujud. (tim/sulutonline).