Gubernur Sulut Hibahkan Sebidang Tanah kepada Biara Karmel di Tomohon

Foto bersama di Biara Karmel St Theresia Kelurahan Kakaskasen TomohonFoto bersama di Biara Karmel St Theresia Kelurahan Kakaskasen Tomohon

Tomohon-Gubernur DR Sinyo Harry Sarundajang memberikan kejutan kepada umat Katholik ketika diundang untuk menghadiri Perayaan Tahbisan Pastor Ventje Sompotan ODC di Biara Karmel St Theresia Kelurahan Kakaskasen Tomohon.

Betapa tidak di hadapan umat Katholik ketika diberikan kesempatan untuk sambutan SHS mengumumkan bahwa ia telah menyetujui untuk menghibahkan sebidang lahan milik Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara sekitar 1500an m2 luasnya yang berbatasan langsung dengan kompleks Biara tersebut.

Gubernur menjelaskan bahwa sebenarnya proses hibah tersebut setelah melalui kajian oleh Pemerintah Provinsi tentang sejarah pembelian lahan dan peruntukkannya, setelah dikaji ternyata tidaklah tepat jika lahan tersebut akan dibuatkan bangunan karena akan mengganggu kekhusukan ibadah dan doa dalam biara. Oleh karena itu ketika ada permohonan dari Pengurus Biara kepada Pemerintah Provinsi untuk menghibahkan lahan tersebut walaupun hanya melalui permohonan lisan, maka Gubernur langsung meresponnya dan memutuskan untuk menghibahkan lahan tersebut dan diharapkan dapat dimanfaatkan untuk pengembangan biara Karmel kedepan.

“Sumbangan ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk menjadi berkat bagi seluruh umat,” tandas Sarundajang.

Sementara Pastor Y. Ansow, pimpinan Biara Karnel, mengatakan pihaknya berterimakasih atas hibah tanah Pemprov Sulut itu, yang memang telah menjadi kerinduan pihaknya sejak dulu.“Terimakasih atas bantuan ini. Mudahan-mudahan hibah lahan ini, biara Karmel akan semakin maju,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Sulawesi Utara di dampingi oleh Wakil Gubernur DR Djouhari Kansil, Asisten Pemerintahan dan Kesra Edwin Silangen, SE, MS, Asisten Ekonomi Pembangunan Drs Sanny Parengkuan,MAP, Kepala Bappeda Ir. Roy Rorong, MSi, Kepala BLH Christian Talumepa, SH, MSi, Kadispora B. Mononutu, SH, Staf Ahli Gubernur Drs Adri Manengkey, MSi, dan Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Lynda Watania, MM, MSi.(tim/sulutonline).