Patung Babe Palar Akan di Bangun di Rurukan

Foto bersama tim Pemprov dipimpin wagub Sulut dengan tim Perwakilan Bank Indonesia ManadoFoto bersama tim Pemprov dipimpin wagub Sulut dengan tim Perwakilan Bank Indonesia Manado

Manado-Salah satu Pahlawan Nasional asal Sulut yaitu Lambertus Nikodemus Palar yang akrab disapa Babe Palar akan mendapat pengharggaan dari Bank Indonesia (BI) berupa sumbangan perpustakaan sekaligus dengan patung Babe Palar di dalamnya.

Demikian disampaikan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Cabang Manado Lucthor Tapiheru saat di terima Wakil Gubernur Sulut Dr Djouhari Kansil MPd di ruang kerjanya, Selasa (05/08/2014).

Menurut Tapiheru, penyerahan sumbangan perpustakaan dan patung Babe Palar itu rencananya akan dilaksanakan pada Hari Kamis (11/08/2014) mendatang di SD GMIM Rurukan Tomohon tempat dimana Pahlawan Nasional itu pernah bersekolah, yang akan ditandai dengan pembukaan tirai sumbangan perpustakaan dari BI yang didalamnya ada patung Babe Palar, serta peletakan batu pertama pembangunan perpustakaan.

Bagian lain itu Tapiheru melaporkan, pada tanggal yang sama didaerah ini akan dilaksanakan pertemuan Bank Indonesia seluruh Indonesia yang akan dihadiri Gubernur BI dan para Deputi senior, Gubernur Sulsesl selaku Ketua Ketua Asosiasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indo nesia (APPSI), Bupati Kutai selaku Ketua Asosiasi Pemerintahan Kabupaten seluruh Indonesia (APEKSI) dan Walikota Manado Vecky Lumentut selaku Ketua Asosiasi Pemerintahan Kota seluruh Indonesai (APKASI) sebagai tamu VVIP.

Tapiheru menambahkan, pertemuan BI seluruh Indonesia akan berlangsung di Aula BI Cabang Manado selain mengadakan rapat internal juga ada diskusi ekonomi bersama Gubernur, Bupati dan Walikota serta Instansi pusat.

Wagub Kansil sendiri menyambut baik sumbangan yang diberikan Bank Indonesia kepada salah satu Pahlawan Nasional kita Babe Palar.”Dengan hadirnya sumbangan perpusatakaan dan patung dari Babe Palar ini, setidaknya akan merangsang terhadap generasi muda Sulut, terutama generasi muda yang ada di kota Tomohon untuk belajar dari sosok Babe Palar, yang pernah dipercayakan pemerintah Indonesia sebagai salah satu perwakilan tetap yang berkedudukan di badan dunia yaitu Perserikatan bangsa-Bangsa (PBB),”ingatnya.

Wagub Kansil juga menyebutkan, keteladan Babe Palar diakui memang perlu di pelajari oleh generasi muda kita saat ini, terutama mereka yang masih berstatus siswa dan mahasiswa.(tim/sulutonline).