Satukan Persepsi Media dan Pemerintah Soal Perubahan Iklim

Foto Bersama Gubernur dengan Cameron Miller Creative Director BBC Media Action bersama awak media lainnyaFoto Bersama Gubernur dengan Cameron Miller Creative Director BBC Media Action bersama awak media lainnya

SHS Terima BBC Media Action Dari Inggris

Manado
-Selasa (05/08/2014), Gubernur Sulut DR Sinyo Harry Sarundajang (SHS) menerima tim Workshop “Meningkatkan Kapasitas Komunikasi Media tentang Perubahan Iklim” di gubernuran Bumi Beringin Manado.

Tim ini terdiri dari Cameron Miller Creative Director BBC Media Action, Helena Rea Project Manager Indonesia Media Action, Saffri Sitepu dari Kompas TV, Ronald Wehantouw dari Kompas TV, Diane Kuntag dari Radio Manado, Meike Tjibrata Kompas TV Manado, serta Tim dari Kementerian Koordinator Kesejahteraan rakyat.

Dalam perbincangan tersebut dijelaskan Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat dan Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi bekerjasama dengan BBC Media Action akan mengadakan workshop “Meningkatkan Kapasitas Komunikasi Media
tentang Perubahan Iklim” (Building Media Communication Capacity on Climate Change) di Manado, Sulawesi Utara dari tanggal 4-15 Agustus 2014.

Menurut juru bicara Pemprov Sulut DR Jemmy Kumendong, penyelenggaraan kegiatan ini merupakan tindak lanjut kerja sama yang dirancang oleh gubernur Sulut dengan Laksda (Purn) Willem Rampangilei (Deputi Bidang Koordinasi Lingkungan Hidup
dan Kerawanan Sosial, Kemenko Kesra).

“Tujuan kegiatan ini untuk membangun
kesamaan persepsi diantara jajaran Pemerintah Daerah dengan Media /Jurnalis dalam mengelaborasi isu dan masalah perubahan iklim di tingkat lokal,”katanya.

Dikatakan Kumendong, workshop di Manado ini merupakan pilot project dari kegiatan serupa yang akan dilakukan secara nasional. Sedangkan sasaran kegiatan ini adalah untuk membangun komunikasi yang harmonis antara Pemerintah selaku pembuat sekaligus pelaksana kebijakan dengan media sebagai salah satu agen/interface dalam lalu lintas informasi dari pemerintah ke publik dan sebaliknya.

Hasil kajian yang dilakukan oleh BBC Media Action menunjukkan bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia belum mendapat informasi yang cukup tentang perubahan iklim. Pada sisi lain, hasil survei
BBC Media Action juga menyatakan bahwa upaya Pemerintah juga masih belum cukup dalam menyebarluaskan isu perubahan iklim kepada public.

“Oleh sebab itu,kegiatan workshop ini dirancang untuk salah satunya mendorong edukasi perubahan iklim kepada public melalui media,”terang Kumendong. (tim/sulutonline).