Patung LN Palar Mulai Dibangun

SHS saat peletakan batu pertama pembangunan perpustakaan dan patung LN PalarSHS saat peletakan batu pertama pembangunan perpustakaan dan patung LN Palar

Tomohon-Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulut, akhirnya mewujudkan keinginan mereka untuk membangun patung pahlawan nasional Lambertus Nikodemus Palar. Ini dibuktikan dengan peletakan batu pertama pembangunan patung tersebut di kelurahan Rurukan Tomohon berikut perpustakaannya.

Gubernur Sulut DR Sinyo Harry Sarundajang sendiri ikut mendampingi Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo dalam acara peletakkan batu pertama tersebut. "Penghargaan ini diberikan kepada Pahlawan Nasional LN Palar yang telah memberikan jasanya yang sangat besar bagi Indonesia," kata Agus, di Rurukan, Selasa (12/08/2014) seraya menambahkan perpustakaan dan patung ini diharapkan akan membantu siswa, guru dan masyarakat di Desa Rurukan maupun Sulut pada umumnya.

Sekum Sinode GMIM Hendry Runtuwene dalam ibadah peletakkan batu pertama mengatakan bahwa bangunan yang kokoh harus berlandaskan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Dalam pembangunan perpustakaan LN Palar, harus diawali dengan doa, ucapan syukur pada Allah agar tempat itu menjadi berkat bagi banyak orang. Karena, berkaca dari pribadi LN Palar adalah seorang yang semangat dalam diplomatik maupun penginjilan.

"Firman Tuhan berkata Hendaknya kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati. Demikian kita sebagai penerus harus bisa menjadi berkat bagi banyak orang," katanya.

Sementara Gubernur mengatakan dengan dibangunnya perpustakaan LN Palar, kiranya bisa memberikan lebih banyak ilmu bagi pelajar maupun masyarakat. Saat ini, bisa akses melalui media internet tapi tidak akan mengalahkan buku yang mampu mencerdaskan anak bangsa.

Disisi lain, anak dari LN Palar yakni, Maise Palar mengatakan ucapan terima kasih kepada Bank Indonesia maupun pemerintah Kota Tomohon dan Provinsi Sulut telah mengabadikan nama ayahnya di tanah kelahiran LN Palar di Kelurahan Rurukan ini melalui gedung perpustakaan. (tim/sulutonline).