Pemprov Tuntaskan Batas Daerah Bolmong- Minsel

Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Dra Lynda Watania MM MSiKepala Biro Pemerintahan dan Humas Dra Lynda Watania MM MSi

Usulan 4 Calon DOB di Sulut Sudah Final

Manado-
Satu lagi penyelesaian batas antar daerah berhasil dituntaskan Pemprov Sulut, yaitu batas antara Kabupaten Bolaang Mongondow dengan Kabupaten Minahasa Selatan.

Demikian Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Dra Lynda Watania MM MSi saat didampingi Kabag Pemerintahan Drs Lucky Taju MSi, Kasubag Pemerintahan Umum Ch Iroth SSTP dan Kasubag Dekonsentrasi dan TP Boslar Sanger SE kepada wartawan, Rabu (13/08/2014).

Menurut Watania, Tim penyelesaian batas Provinsi Sulut nantinnya dalam waktu dekat bersama-sama tim penyelesaian batas kedua kabupaten berbatasan itu, akan turun lapangan guna memfasilitasi pemasangan pilar batas kedua daerah dititik PBU No 12,13 dan 14 yang terletak di Desa Palelon Kecamatan Modoinding Kabupaten Minahasa Selatan dan Desa Insil Kecamatan Pasi Timur Kabupaten Bolaang Mongondow.

“Kegiatan ini merupakan hasil tindak lanjut dari pertemuan tim penyelesaian batas Bolmong dan Minsel yang telah diselenggarakan di Manado pada tanggal 24 dan 25 Juni 2014 lalu. Dimana PBU tersebut perlu ditinjau dan harus dilakukan ferifikasi lapangan untuk penyusunan draf Kemendagri nanti,”terang Watania.

Selanjutnya, tambah Watania, akan diferifikasi oleh tim penyelesaian batas tingkat pusat, yang rencananya akan dipimpin Direktur Wilayah Administrasi dan Perbatasan Ditjen PUM Kemendagri Boy Tanjuri dalam waktu dekat ini.

Bagian lain Watania menyebutkan, usulan pemekaran dan pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB) di Sulut sudah masuk dalam tahap final ditingkat pusat. Tinggal menunggu pembahasan bersama oleh Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah (DPOD) yang adalah gabungan dari beberapa kementerian dengan Tim Komite I DPD-RI serta Tim Komisi II DPR-RI.

“Hasil pembahasannya nanti akan menjadi rujukan penetapan Uandang-Undang Pembentukan Daerah Otnom Baru,”katanya.

Diketahui, dari Pasal 65 DOB yang mendapat restu presiden dalam Amanat Presiden (Ampres) di awal tahun 2014 ini, di Sulut adalah calon Provinsi BMR, Kota Langowan, Kota Tahuna dan Kabupaten Talaud Selatan. (tim/sulutonline).