33 Kasus Gugatan Sejak 2004 Belum Tuntas

Kantor Gubernur SulutKantor Gubernur Sulut

Pemprov Terus Menuai Gugatan

Manado-Hingga Selasa (19/08/2014) Pemprov Sulut mengoleksi sebanyak 33 kasus gugatan. Jika tahun 2013 lalu sebanyak 31 kasus, kini 2014 ini bertambah menjadi 33 kasus. Menariknya, semua kasus ini merupakan akumulasi kasus sejak tahun 2004 lalu.

Dari data yang diperoleh tercatat, 33 kasus gugatan ini terdiri dari 13 kasus gugatan Surat Keputusan (SK) Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota dewan, dan 20 kasus gugatan hak atas tanah serta ganti rugi atas tanah yang mencapai 500 hektar lebih.

Kepala Biro Hukum Setdaprov Sulut Marsel Sendoh SH melalui Kepala Bagian Bantuan Hukum, F Tambuwun SH yang dikonfirmasi menyebutkan, semua kasus ini sementara berproses di pengadilan.

“17 kasus sementara menunggu proses Banding. 12 kasus menunggu Putusan Kasasi (PK) dan sisanya sementara berjalan. Posisi Pemprov Sulut saat ini adalah menunggu. Namun kami tetap monitor perkembangannya, sebab semua kasus ini tersebar di beberapa pengadilan. Ada yang di PN Manado, PN Minut, PN Bitung, PTUN dan Mahkamah Agung,”terang Tambuwun.

Kendati demikian menurut Tambuwun, pihak Pemprov Sulut yakin akan memenangkan semua perkara gugatan tersebut.(tim/sulutonline).