BKD Kaji Sanksi Oknum Video Mesum PNS Dishub

Penggalan Adegan Video Musem PNS Sulut (Foto sengaja dikaburkan)Penggalan Adegan Video Musem PNS Sulut (Foto sengaja dikaburkan)

Tendean: Pemberian Sanksi Sesuai Ketentuan Disiplin PNS

Manado-Masih ingat kasus video mesum yang melibatkan oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) Dinas Perhubungan (Dishub) Sulut? Informasi terakhir, pelakunya akan dikenai sanksi sesuai aturan disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulut DR Noudy Tendean, saat dikonfirmasi masalah ini, Jumat (22/08/2014), menyebutkan oknum PNS Dishub berinisial TK memang sudah lama di BAP pihaknya.

“Sekarang, kasusnya sementara dikaji Tim Wasbin BKD untuk diproses sesuai aturan disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS),”terangnya.

Seperti diketahui, pada bulan Juni dan Juli 2014 lalu, skandal seks menyeret oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada Dishub Sulut tersebut cukup mengejutkan jajaran Pemprov Sulut. Video mesum berdurasi 7,56 menit tersebut, marak beredar dan telah menjadi pembicaraan para pejabat di Sulut.

Dalam video tersebut, terungkap, salah satu pemerannya adalah oknum pejabat eselon IV di Dinas Perhubungan (Dishub) Sulut, tepatnya Sub Dinas Perhubungan Darat. Awalnya, berpindahnya video dari handphone ke handphone, pemeran lelakinya disebut-sebut adalah salah satu Kepala Seksi di Dishub Sulut, berinsial ‘TK’. Pun oknum TK tidak menampik saat dikonfirmasi langsung oleh wartawan.

Saat konfirmasi, oknum TK, menyebut lelaki yang ada dalam video tersebut memang benar dirinya. Diakuinya pula itu direkamnya beberapa tahun lalu. Adegan layak sensor oknum TK bersama seorang perempuan yang belum diketahui identitasnya, diduga dilakukan dikamar salah satu hotel klas melati di Manado itu, berdasarkan meta data direkam pada tanggal bulan Juni 2007 silam.

Terekam, oknum TK dalam keadaan bugil meletakkan kamera diduga jenis Nokia, dari sudut yang bisa menangkap gambar penuh, mengarah ke ranjang. Sementara perempuan yang belum diketahui identitasnya tersebut telah menunggu sambil telentang tanpa sehelai benang. Sesaat kemudian, terjadilah adegan hubungan suami istri. Dalam rekaman ini, terlihat perempuan mendominasi adegan hingga selesai.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pembinaan dan Pengawasan BKD Sulut, Drs Vecky Solang menyebutkan, jika terbukti pelakunya akan dikenakan sanksi sesuai Peraturan Pemerintah (PP) nomor 53 tahun 2010 tentang disiplin PNS.

Dikatakan Solang, pemeriksaan terhadap oknum TK yang merupakan oknum pejabat eselon IV di Dinas Perhubungan (Dishub) Sulut, tepatnya Sub Dinas Perhubungan Darat tersebut, merupakan petunjuk atasan, dalam hal ini Wakil Gubernur (Wagub) DR Djouhari Kansil. (tim/sulutonline).