SKPD Dingatkan Agar Memiliki Buku Agenda Kerja Harian

Wagub Kansil saat memberikan penjelasan terkait Sidak pada rombongan Dispenda Kalbar saat berada di kantor Samsat UPTD ManadoWagub Kansil saat memberikan penjelasan terkait Sidak pada rombongan Dispenda Kalbar saat berada di kantor Samsat UPTD Manado

Wagub Kansil Kembali Sidak SKPD Pemprov

Manado-Wakil Gubernur (Wagub) Sulut DR Djouhari Kansil, disela-sela Inspeksi Mendadak (Sidak) di sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) jajaran Pemprov Sulut, mengingatkan agar setiap SKPD memiliki buku agenda kerja harian.

“Buku agenda kerja harian ini, terkait apa yang dikerjakan hari ini dan seterusnya. Setelah staf mengisinya dilaporkan pada kepala SKPD, yang selanjutnya akan diteruskan pada Asisten I Setdaprov Sulut, kemudian dilaporkan ke Sekdaprov, Wagub Sulut dan Gubernur,”terangnya saat Sidak di kantor UPTD Samsat Manado, Rabu (27/08/2014).

Dikatakan Wagub saat didampingi Asisten I Setdaprov Sulut Edwin Silangen SE, buku agenda kerja harian ini, nantinya akan berpengaruh pada pemberian Tunjangan Kinerja Daerah (TKD).

Meski demikian terang Wagub, tetap dilakukan monitoring melalui Sidak. Termasuk Sidak terkait disiplin kerja dan kesejahteraan staf. “Makanya jangan ada lagi staf main game saat jam kerja,”ingat Wagub seraya menambahkan, Sidak kali ini untuk menindaklanjuti rekomendasi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perakilan Sulut, beberapa waktu lalu.

Menariknya, saat Sidak di kantor UPTD Samsat Manado tersebut, Wagub Kansil bersua dengan rombongan Dispenda Kalimantan Barat (Kalbar) yang dipimpin Kepala Bidang Pengawasan dan Pembinaan (Wasbin) Pieter Bonis, saat melakukan study komparasi tentang pengawasan pelayanan publik di UPTD Samsat Manado Dipenda Provinsi Sulut.

Dalam kesempatan itu, Wagub Kansil sempat menjelaskan terkait Sidak yang dilakukan saat rombongan Dispenda Kalbar menanyakan kedatangannya ke kantor tersebut.

“Sidak ini memang dilakukan secara rutinitas. Sebab, meski sudah diimbau agar tidak terlibat praktek percaloan di Samsat, namun tetap diwaspadai dengan melakukan kontrol dan monitoring melalui Sidak. Ini juga untuk memastikan agar pelayanan pada masyarakat berjalan baik,”terang Wagub saat didampingi Kepala UPTD Samsat Manado Drs Benny Kalonta.

Pieter Bonis merasa salut dengan pelayanan publik di UPTD Manado. Selain itu, Pieter juga memberi apresiasi terhadap Wagub yang walaupun setiap hari disibukan dengan pekerjaan rutinitas sebagai orang nomor dua di Sulut, tapi masih memberi waktu untuk melakukan pengawasan secara langsung di lapangan.

Diketahui, selain Sidak di UPTD Samsat, juga Wagub melakukan Sidak di Dinas Pertambangan dan ESDM, Dinas Kesehatan, Bapeda, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.(tim/sulutonline).