Bangking Expo Diharapkan Tingkatkan Daya Saing UMKM

Wagub Kansil saat pelaksanaan Bangking ExpoWagub Kansil saat pelaksanaan Bangking Expo

Manado-Wakil Gubernur (Wagub) Sulut DR Djouhari Kansil, berharap pelaksanaan Banking Expo di kawasan pusat perbelanjaan Manado Town Square (Mantos), Kamis (04/09/2014) lalu, dapat meningkatkan daya saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Sulut.

Dikatakan Wagub, perbankan merupakan salah satu sektor yang memiliki peran penting dalam menunjang kegiatan pembangunan daerah dan bangsa. Peran perbankan diwujudkan dalam fungsi utama sebagai lembaga intermediasi atau institusi perantara antara debitor dan kreditor.

Selain itu, fungsi utama perbankan adalah sebagai penghimpun dan penyalur dana masyarakat yang bertujuan untuk menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dalam rangka meningkatkan pemerataan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi serta stabilitas nasional.

“Banking Expo ini diharapkan memberikan kontribusi positif bagi gerak perekonomian Sulut melalui pemberdayaan UMKM sehingga mampu menghasilkan produk-produk berkualitas ekspor,”terang Wagub Kansil saat mendampingi Wakil Menteri Perdagangan RI, DR Bayu Krisnamurthi, MSi saat membuka Sulawesi Utara Banking Expo tersebut.

Sementara Krisnamurthi menyebutkan, perkembangan dan kemajuan suatu daerah pasti akan diikuti oleh kemajuan perbankan yang ada.”Kalau ekonomi maju dan berkembang dengan baik, tentu bank yang ada akan lebih berkembang pula,”katanya.

Hadir pada kesempatan itu Forkopimda Sulut, Pejabat eselon I Kementrian Perdagangan, Rektor Unsrat Manado, Direktur Pemberdayaan Masyarakat, Ketua Stain Manado, Kepala BPN Sulut, Kepala Perwakilan BI Manado. (tim/sulutonline).