Tumbelaka: Ganti Pejabat ABS !

Gubernur Sulawesi Utara Dr Sinyo Harry SarundajangGubernur Sulawesi Utara Dr Sinyo Harry Sarundajang

SHS Harus Wujudkan Kabinet The Golden Team

Manado-Mencuatnya sejumlah temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sulut, pada Pemprov Sulut yang menghasilkan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP), terus menjadi topik pembicaraan sejumlah pengamat politik dan pemerintahan daerah.

Alhasil berbagai tanggapan dan usulan mengemuka untuk membenahi sistim management yang diterapkan Kabinet Golden Triangle (Gubernur DR Sinyo Harry Sarundajang, Wakil Gubernur DR Djouhari Kansil dan Sekdaprov Sulut Ir SR Mokodongan, red).

Banyaknya temuan BPK ini, menurut pengamat tentu saja bisa berimplikasi pada proses hukum selanjutnya. Apalagi, Kepala BPK Perwakilan Sulut Drs Andi Lologau dalam workshop media baru-baru ini menyebutkan, temuan BPK tersebut bisa masuk ke ranah hukum. Pun baik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kejaksaan, maupun Kepolisian, telah diberi sinyal hijau untuk menindaklanjutinya.
Pengamat politik dan pemerintahan daerah, Taufik Tumbelaka mengatakan, hal ini tentu saja menjadi tantangan bagi SHS ke depan di akhir masa jabatan yang tinggal Satu tahun ini. Apalagi masih banyak Pekerjaan Rumah (PR) yang harus diselesaikan menyusul banyaknya temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sulut yang membuat perolehan opini BPK – Wajar Dengan Pengecualian (WDP).

“Untuk itu, Golden Triangle harus berani mengambil langkah tegas dengan berbagai inovasi dan lompatan baru ke depan. Salah satu caranya adalah harus memangkas para pejabat yang cuma Asal Bapak Senang (ABS). Sejujurnya banyak pejabat Pemprov hanya bersikap menunggu perintah dan melaporkan hal yang baik-baik saja. Mereka terkesan tidak memberikan laporan apa adanya sesuai fakta lapangan karena takut dimarahi. Dan yang terjadi laporan ABS. Nah ini yang harus disikapi jika Pemprov masih berkeinginan memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk tahun depan,”saran Tumbelaka.

Dikatakan Tumbelaka, perolehan WDP dari BPK barusan sebaiknya dijadikan sebagai bahan introspeksi. Golden Triangel harus lebih keras lagi pada bawahannya. “Jika sebelumnya mereka berorientasi pada peningkatan kinerja, sekarang sudah harus beralih pada peningkatan prestasi, untuk mewujudkan Kabinet Golden Team dalam sisa kepemimpinannya,”ingat Tumbelaka tanpa bermaksud menggurui.

Tumbelaka kemudian mengatakan, sebagai rakyat Sulut, dia berharap berakhirnya masa jabatan Gubernur yang tinggal setahun ini, bisa ending dengan baik.”Nah, dalam rangka memperingati HUT Emas Sulut inilah momentum untuk melakukan berbagai perubahan tersebut. Saya yakin, pak gubernur sangat tahu apa yang seharusnya dilakukan untuk membenahi ini,”katanya optimis.(tim/sulutonline).