Gubernur Terima Penghargaan Duta Perdamaian

SHS merupakan gubernur pertama di Indonesia penerima penghargaan Ambassadors for PeaceSHS merupakan gubernur pertama di Indonesia penerima penghargaan Ambassadors for Peace

Manado-Eksistensi Gubernur Sulut DR Sinyo Harry Sarundajang (SHS) dalam berbagai bidang terus menuai prestasi. Kali ini, salah satu putra terbaik Sulut ini kembali mendapatkan penghargaan sebagai duta perdamaian dari The Universal Peace Federation (UPF).

Penghargaan tersebut diterima Senin (15/09/2014) dalam acara Festival Keluarga Sejahtera yang di selenggarakan BKKBN Sulut, di ruang Mapaluse Kantor Gubernur Sulut. Selain SHS, kepala BKKBN RI Prof dr H Fasli Jalal, PhD, SpGK juga mendapatkan penghargaan serupa.

Diketahui, penghargaan ini diraih karena kiprah sosok Gubernur Sulut Sinyo Harry Sarundajang sebagai figur pemimpin yang menjunjung tinggi pluralisme. Tidak hanya mendapat pengakuan dari elemen masyarakat di tanah air, tetapi juga datang dari luar negeri.
SHS saat menerima piagam penghargaan Ambassadors for Peace
Gubernur sendiri saat menerima penghargaan tersebut menyampaikan rasa terima kasih yang besar atas kepercayaan yang diberikan kepada dirinya, karena tanpa dukungan semua elemen baik rekan TNI Polri maupun tokoh agama, beliau tidak bisa menyelesaikan konflik yang terjadi.

Gubernur berharap apa yang sudah dilakukannya bisa terus terpelihara dengan baik, bangsa Indonesia tetap bisa hidup damai.

Ketua UPF Edgar Tanate, mengatakan nama penghargaan yang diterima salah satu gubernur terbaik di Indonesia itu adalah Ambassadors for Peace, yaitu penghargaan di bidang perdamaian. Menurutnya, penghargaan tersebut diberikan kepada SHS karena sewaktu dipercayakan oleh pemerintah pusat menjabat sebagai gubernur di dua daerah konflik, yakni Maluku dan Maluku Utara, ternyata dia mampu mendamaikan konflik horizontal yang melibatkan masyarakat dua provinsi bersaudara itu. (ADVETORIAL).