Sekdaprov: Pejabat Eselon III Ibarat Koki Kebijakan

Sekdaprov Sulut Ir SR Mokodongan saat melantik pejabat Eselon III Pemprov SulutSekdaprov Sulut Ir SR Mokodongan saat melantik pejabat Eselon III Pemprov Sulut

Manado-Pemprov Sulut kembali menggelar roling khusus bagi pejabat Eselon III. Kali ini, Empat Pejabat Eselon III yang dilantik Sekdaprov Ir Siswa R Mokodongan di Aula Mapaluse, Kamis (25/09/2014) kemarin, hanya melibatkan Dua SKPD saling bertukar posisi yaitu dari BPK-BMD ke Inspektorat Provinsi.

Ke-empat pejabat yang bertukar posisi tersebut yaitu Jainudin Saleh Hilimi, SE dari Kabid Anggaran diangkat menjadi Sekretaris Inspektorat, jabatan yang ditinggalkan Hilimi diisi oleh JH Pangemanan SE yang sebelumnya menjabat Kabid Akuntansi. Sedangkan Mieke Sendow SE dari Sekretaris Inspektorat dipercayakan menjadi Irban Wilayan IV menggantikan jabatan yang ditinggalkan Dammy RS Tendean SE Ak kini dipercayakan sebagai Kabid Akuntansi.

Pelantikan tersebut beradasarkan Keputusan Gubernur Sulut No. 821.2/BKD/SK/265/2014 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Pejabat Eselon III di lingkungan Pemprov Sulut Tanggal 24 September 2014.

Mokodongan mengatakan, pejabat eselon III dapat diibaratkan, sebagai “juru masak kebijakan (koki)”, sehingga berhasil dan berjalannya suatu kebijakan akan sangat ditentukan oleh komitmen, integritas dan loyalitas para pejabat Eselon III dalam menemukan dan meramu bahan baku yang tepat untuk setiap rancangan kebijakan yang tepat, untuk kemudian disampaikan kepada pimpinan, sembari meminta pejabat yang baru dilantik ini kiranya mampu melakukan perubahan dan peningkatan kinerja.

Kesempatan itu Mokodongan juga menyinggung Kepala SKPD laki-laki agar ada budaya malu terhadap Kepala SKPD Perempuan, karena dalam bidang pengawasan mereka lebih teliti.(tim/sulutonline).