Enam Kabupaten Kota “Enggan” Usulkan Pimpinan Definitif Dewan?

Karo Pemerintahan dan Hubmas Setdaprov Sulut Dra Lynda WataniaKaro Pemerintahan dan Hubmas Setdaprov Sulut Dra Lynda Watania

Manado-Kendati sudah sering diimbau. Menyusul terancamnya pemanfaatan anggaran dalam APBD-Perubahan, namun ke Enam kabupaten kota di Sulut, sepertinya enggan mengusulkan pimpinan definitif Dewan setempat.

Diketahui, dari 15 kabupaten dan kota se Sulut, sudah 9 yang mengusulkan pimpinan definitif. Sedangkan enam lainnya masing-masing Kota Manado, Kota Tomohon, Kabupaten Kepulauan Talaud, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kabupaten Minahasa Utara dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, belum mengusulkannya.

Karenanya, Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Setdparov Sulut Dra Lynda Watania selaku pihak yang mengurus adminnistrasi pengusulan dari kabupaten dan kota, kembali mengimbau agar secepatnya mengusulkan.

“Semakin cepat diusulkan semakin baik, sehingga Gubernur Sulut akan segera mengeluarkan Surat Keputusan Peresmian dan Pengangkatan Pimpinan DPRD Definitif,”ingat Watania, Selasa (07/10/2014).

Watania menambahkan, pengajuan pimpiunan DPRD Kabupaten Kota berdasarkan PP No16 Tahun 2010 Tentang pedoman penyusunan peraturan DPRD tentang tata tertib DPRD. “Dimana dalam Pasal 39 Ayat 2 menyatakan pimpinan sementara DPRD menyampaikan nama calon Pimpinan Definitif DPRD kepada Gubernur Sulut,” tandas Watania yang didampingi Kasubag Fasilitasi Pejabat Negara Hubungan Antar Lembaga dan Evaluasi Kinerja Pemerintah Anie Badar SSos (tim/sulutonline).