SHS Harapkan Jurnalis Jaga Idealisme

SHS saat memberikan sambutan dalam pembukaan KIJTAPSHS saat memberikan sambutan dalam pembukaan KIJTAP

Manfaatkan Kebebasan Pers Untuk Bangun Bangsa

Manado-Konferensi Internasional Jurnalis Televisi Asia – Pasific (KIJTAP) yang diselenggarakan di Manado, 10-12 Oktober 2014, resmi dibuka gubernur DR Sinyo Harry Sarundajang (SHS), Jumat (10/10/2014) malam, di Grand Kawanua Convention Center Kayuwatu Manado.

Acara yang di prakarsai Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) itu, dihadiri ratusan jurnalis televisi se Indonesia dan sejumlah perwakilan Jurnalis negara tetangga antara lain dari Australia, Filipina, Korea dan beberapa negara sahabat lainnya.

Dalam sambutan pembukaan, SHS mengapresiasi pelaksanaan kegiatan bertaraf internasional yang di adakan di kota Manado Sulut. Gubernur mengingatkan kepada seluruh Jurnalis yang hadir agar menjaga idealisme dan manfaatkan kebebasan pers untuk membangun bangsa dan kedamaian dunia.

Dikatakan SHS, belajar dari pengalamannya sebagai Gubernur memimpin Dua daerah konflik, yakni Maluku dan Maluku Utara, bantuan jurnalis sangat penting dalam perdamaian, karena jurnalis memberikan informasi yang aktual bagi masyarakat tentang apa yang terjadi dilapangan.

“Peran jurnalis memang begitu berat, berbagai tantangan dilapangan membuat para jurnalis harus berjuang memberikan informasi yang cepat,”ingatnya.

SHS berharap para jurnalis yang tergabung dalam IJTI dapat memberikan sumbangsih bagi pembangunan Indonesia, memberikan masukan baik bagi pemerintah yang baru nanti, karena salah satu fungsi pers ialah sebagai kontrol sosial, maka peran jurnalis sangat stratgis dalam menjaga stabilitas negara Indonesia.

SHS juga menyampaikan kepada seluruh peserta yang akan mengikuti konferensi selama Tiga hari di Manado untuk menikmati keindahan budaya dan wisata di Sulut, memanfaatkan waktu untuk belajar dan menggali potensinya, dimana Sulut berhasil menjadi satu daerah yang menjaga pluralisme.

Dalam kesempatan itu, SHS juga mendapatkan penghargaan dari rekan rekan IJTI Maluku, karena memiliki peran besar dalam mendamaikan Maluku, juga sempat menyanyikan lagu daerah dari Maluku.

Ketua IJTI pusat, Yadi Hendriana, dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemprov Sulut yang telah banyak memberikan bantuan agar terlaksana kegiatan ini. Lebih lanjut kegiatan yang akan digelar selama Tiga hari di kota Manado ini nantinya akan menghasilkan kesepakatan Manado.

Tujuan lain dilaksanakannya kegiatan antar jurnalis ini adalah mengukuhkan lahirnya Asosiasi Jurnalis Televisi Asia Pasifik yang saat ini masih merupakan “bayi” organisasi jurnalis televisi regional. Memperluas network & membangun kebersamaan antar anggota jurnalis televisi di negara-negara kawasan Asia Pasifik, melalui pertukaran informasi dan potensi negara masing-masing. Menghasilkan pemikiran-pemikiran progresif yang dapat mengukuhkan jati diri, mengembangkan posisi tawar organisasi para jurnalis televisi Asia Pasifik dalam konteks jurnalistik positif, penegakan demokrasi, perdamaian dunia.

“Juga menghasilkan gagasan-gagasan yang mampu meningkatkan kesejahteraan dan peningkatan kompetensi para anggotanya sejalan dengan penerapanTelevisi Digital,”jelas Yadi Hendriana. (tim/sulutonline).