Wagub Harapkan Komisi Yudisial RI Sulut Wujudkan Peradilan Bersih

Wagub Kansil saat pelantikan Komisi Yudicial Perwakilan SulutWagub Kansil saat pelantikan Komisi Yudicial Perwakilan Sulut

Manado-Wakil Gubernur (Wagub) Sulut DR Djouhari Kansil, Mpd mengharapkan kepada Empat orang penghubung komisi Yudisial RI yang ada di Sulut agar mampu mewujudkan peradilan yang bersih bagi rakyat Sulut.

Demikian Wagub Kansil, dalam acara pelantikan dan Public Expose penghubung komisi Yudisial RI Sulut, Senin (13/10/2014) di ruang serba guna Kantor Walikota Manado.

Wagub mengatakan keberadaan penghubung komisi Yudisial RI di Sulut memiliki peran yang strategis mengingat komisi Yudisial hanya berada di ibukota Negara, sementara tugasnya untuk melakukan pengawasan perilaku hakim, dengan adanya perwakilan di daerah lebih meringankan tugas komisi pusat.

Tujuan keberadaan penghubung komisi Yudisial ini memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam menyampaikan laporan terhadap dugaan pelanggaran kode etik dan pedoman perilaku hakim untuk diteruskan ke komisi Yudisial. Keberadaan perwakilan ini juga meningkatkan efektivitas pemantauan persidangan, melakukan sosialisasi kelembagaan dalam rangka menegakkan kehormatan, keluhan masyarakat serta perilaku hakim.

Semua tugas penting itu tidak mudah dilakukan namun Kansil melihat komposisi empat orang ini mampu menjalankan tugas dengan baik, karena kesemuanya memiliki tanggungjawab moril dalam rangka mengawal, memacu dan menghentar proses pembangunan daerah, khususnya dalam aspek hukum.

Turut hadir dalam acara tersebut, Komisioner Komisi Yudisial RI DR Ibrahim, SH,MH, Walikota Manado GSV Lumentut, Wakil Walikota Harley Mangindaan, sejumlah unsure Forkopimda Sulut, serta tamu undangan lainnya.(tim/sulutonline)