OJK Ingatkan Waspadai Penipuan Investasi

Deputi Direktur Direktorat Pelayanan Konsumen, Eko Ariantoro dan Purnama Jaya Kepala OJK Sulut Malut Gorontalo saat memberikan keteranganDeputi Direktur Direktorat Pelayanan Konsumen, Eko Ariantoro dan Purnama Jaya Kepala OJK Sulut Malut Gorontalo saat memberikan keterangan

OJK Sulut, Malut, Gorontalo Edukasi Literasi Keuangan

Manado- Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulut, Gorontalo dan Maluku Utara, Purnama Jaya, dalam keterangan resmi pada wartawan, Rabu (15/10/2014) mengingatkan agar seluruh warga Sulut untuk mewaspadai penipuan investasi, yang sedang trend saat ini.

Karenanya, Purnama saat sosialisasi terkait edukasi literasi keuangan untuk Ibu rumah Tangga (IRT) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bersama Deputi Direktur Direktorat Pelayanan Konsumen, Eko Ariantoro, menyebutkan pentingnya mewaspadai dan memilih untuk menggunakan produk investasi yang ditawarkan.
Purnama kemudian menyebutkan sedikit tips yang perlu diperhatikan untuk menghindari penipuan investasi. Dia mencotohkan, jika akan menawarkan produk Efek (surat berharga) atau produk perbankan, maka perusahaan tersebut harus memiliki izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Begitu juga dengan produk yang ditawarkannya, wajib tercatat di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Atau, jika akan menawarkan produk koperasi, maka perusahaan tersebut harus memiliki izin usaha dan tercatat di Kementerian Koperasi dan UKM.

“Segera laporkan kepada Polisi ataupun Sekeretariat Satgas Waspada Investasi apabila mengetahui ada tawaran penghimpunan dana dan pengelolaan investasi yang ilegal atau mencurigakan,”saran Eko maupun Purnama.

Terkait dengan itu, OJK Sulawesi Utara, Gorontalo dan Maluku terus melakukan sosialisasi. Bahkan edukasi ini sudah masuk dalam kurikulum, SD, SMP sampai SMA. “Terakhir kami melakukan sosialisasi di SD 52 di Kelurahan Ternate Baru Manado. Nah, kami berharap, insan pers juga turut andil dalam melakukan sosialisasi ini untuk masyarakat,”harap mereka. (tim/sulutonline).