Sulut Tertinggi Diabetes dan Hipertensi di Indonesia

Kadiskes Sulut dr Grace Punuh dan dr Nora LumentutKadiskes Sulut dr Grace Punuh dan dr Nora Lumentut

Wagub Kansil Buka Pencanangan HKN Sulut

Manado-Kepala Dinas Kesehatan Sulut dr Grace Punuh saat didampingi Ketua Panitia Pelaksana Hari Kesehatan Nasional (HKN) tingkat Provinsi dr Nora Lumentut, mengingatkan agar masyarakat Sulut mewaspadai diabetes dan hipertensi.

Peringatan ini dikatakan menyusul, hasil riset Balitbang Kementrian Kesehatan RI pada tahun 2013 lalu, menyebutkan, Sulut merupakan daerah tertinggi pengidap penyakit Diabetes dan nomor dua terbanyak penderita Hipertensi di Indonesia.

Karenanya baik Punuh maupun Lumentut, mengajal masyarakat Sulut untuk terus menerapkan pola hidup sehat, diantaranya menjaga pola makan dan berolahraga. “Terkait dengan itu, kami akan mencanangkan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 50 tahun 2014 ini, pada Jumat (17/10/2014) di halaman kantor Dinas Kesehatan Sulut di jalan 17 Agustus Manado. Peringatan HKN ke 50 ini bertepatan dengan HUT Emas Pemprov Sulut ke 50 pada 23 September 2014 lalu,”terang keduanya pada wartawan, Kamis (16/10/2014) sore.

Pencanangan yang akan diikuti senam sehat seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tersebut, akan dibuka oleh Wakil Gubernur (Wagub) Sulut, DR Djouhari Kansil pada pukul 06.00 wita Jumat pagi.

Nantinya terang Punuh, pada puncak acara HKN tanggal 12 November 2014 mendatang, akan dilakukan pengukuran indeks masa tubuh untuk mengetahui apakah seseorang sudah Obesitas atau tidak. “Obesitas merupakan cikal bakal masuknya Diabetes, Hipertensi dan Gula Darah. Nah pengukuran ini akan masuk Rekor Muri karena akan melibatkan sebanyak 1041 orang pasien,”jelas Punuh yang dibenarkan Lumentut.

Dikatakannya, idealnya masa tubuh untuk wanita pada level 80, sedangkan untuk pria pada level 90 lingkar perut. Dan jika lebih dari angka ini, maka orang tersebut bisa dikategorikan sebagai Obesitas. Untuk mengetahui secara dini apakah seseorang sudah obesitas atau belum, bisa dilihat sendiri.

“Caranya jika seseorang berdiri tegak dan kedua matanya memandang dua jempol kaki, namun terhalang oleh perut, itu tandanya obesitas. Jadi sebenarnya bisa dicek sendiri secara tradisional ,”ujar keduanya seraya menambahkan tema HKN tahun 2014 ini adalah Sehat Bangsaku, Sehat Negeriku. (tim/sulutonline)