Watania: Batas Minut dan Manado Tuntas

Watania saat menyaksikan penandatangan batas wilayah Manado dan MinutWatania saat menyaksikan penandatangan batas wilayah Manado dan Minut

Manado-"Serve With Hearth" (Melayani dengan hati) telah dibuktikan Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Setda Provinsi Sulut Dra Lynda Watania MM MSi dalam menuntaskan penyelesaian batas daerah antar Kabupaten Minut dengan Kota Manado.

Menyusul, pada Selasa (21/10/2014), kedua pemerintahan ini sepakat untuk menuntaskannya yang ditandai dengan penandatangan berita acara penyelesaian batas yang dilakukan Sekda Minut Drs Jantje Rumambi dan Sekot Manado Ir Haervey Sendoh, di lokasi jalan Ring Road yang menjadi batas kedua daerah.

Watania mengatakan, hal-hal yang disepakati adalah mengikuti Peraturan Pemerintah No.22 Tahun 1998 Tentang perubahan batas wilayah Kotamadya Daerah Tingkat II Manado dan Kabupaten Daerah Tingkat II Minahasa dengan mengikuti sebagaimana dijelaskan dalam pasal 2 (dua) Kemendagri No. 185.5.585 Tanggal 10 Juli 1988 Tentang penetapan batas baru secara pasti antar wilayah Kotamadya Daerah Tingkat II Manado dan Kabupaten Daerah Tingkat II Minahasa.

“Mulai dari patok batas P.1 yang terletak di tepi pantai laut Sulawesi, tepi hutan baku di lingkungan Bohowa Desa Tongkaina Kecamatan Wori dan seterusnya sampai dengan patok batas P.33 sampai dengan P.34 di Kelurahan Ranomuut Kecamatan Manado Tengah,”terangnya.

Penyelesaian batas tersebut tambah Watania, merupakan tindaklanjut dari pertemuan yang difasilitasi Biro Pemerintahan dan Humas yang dipimpin Sekdaprov Sulut Ir SR Mokodongan pada Senin lalu.

“Pemprov Sulut dalam waktu dekat ini juga akan menfasilitasi penyelesaian batas Kabupaten Minut dengan Kota Bitung yang berada di wilayah Kelurahan Tendeki dan Tontalete Rok-Rok. Batas Kota Tomohon dan kabupaten Minahasa di wilayah Kasuang serta batas Kabupaten Bolmong dengan Kabupaten Bolsel di Pilar Acuan Batas Utama (PABU) 30 sampai dengan 38,” jelas Watania.

Menurut Watania, penyelesaian batas antar daerah yang belum selesai akan dilayani dengan hati, agar bisa dituntaskan pada akhir tahun ini, sebagaimana yang diharapkan Gubernur Sinyo Sarundajang dan Wagub Djouhari Kansil.

Penandatangan ini ikut dihadiri Kasubag Dekon dan TP Boslar Sanger SE serta Kasubag Pemerintahan Umum, serta Asisten I Minut Ir Ronny Siwi MSi, Kabag Pemerintahan Minut Edwin Ombu, Camat Kalawat, Camat Talawaan, Hukum Tua Maumbi, Paniki Atas, Paniki Baru, Mapanget dan Hukum Tua Wusa. Sedangkan dari Kota Manado hadir Asisten I Drs Josua Pangkerego MSi, kabag Pemerintahan Joudy Senduk, Camat Paldua, Camat Mapanget, Lurah Paldua, Kairagi I dan II, Kairagi Weru serta Lurah Paniki Bawah. (tim/sulutonline)