Batas Wilayah Bitung-Minut Tuntas

Karo Pemerintahan dan Humas Setdaprov Sulut Dra Lynda Deasy WataniaKaro Pemerintahan dan Humas Setdaprov Sulut Dra Lynda Deasy Watania

Watania: Kedua Daerah Sepakati Batas Wilayah

Manado-Kinerja Biro Pemerintahan dan Humas Setdaprov Sulut yang dikomandani Dra Lynda Watania, patut diacungi jempol. Menyusul tarik-menarik batas wilayah Bitung dan Minahasa Utara (Minut) berhasil dimediasi dan dituntaskan. Alhasil, kedua daerah yang sering bertikai masalah batas wilayah ersebut, sepakat menandatangani batas wilayah yang ditentukan.

Kesepakatan itu sendiri dituangkan dalam bentuk penandatanganan berkas yang turut disaksikan gubernur Sulut DR Sinyo Harry Sarundajang (SHS), Kamis (22/10/2014) di gubernuran Bumi Beringin Manado.

“Kota Bitung diwakili Sekot Drs Edison Humiang. Sedangkan Kabupaten Minut diwakili Sekda Drs Yohanes Rumambi,”terang Drs Boslar Sanger Kasubag Dekon TP dan Kasubag Pemerintahan Umum Christian Iroth saat mendampingi Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Dra Lynda D Watania pada sejumlah wartawan.

Diterangkan Watania, kesepakatan batas wilayah ini merupakan tindaklanjut rapat bersama kedua daerah tersebut dengan Sekdaprov Sulut Ir SR Mokodongan, kemudian didesak Gubernur SHS saat berkunjung di KEK beberapa waktu lalu.
SHS saat menyaksikan penandatangan kesepakatan batas wilayah Bitung dan Minut (Foto Ist)
“Semua ini berkat petunjuk dan arahan pak gubernur, sehingga batas wilayah kedua daerah disepakati bersama,”terang Watania.

Diketahui, batas wilayah antara Bitung dan Minut tersebut berada pada lokasi antara Desa Tontalete Rokrok Minahasa Utara dan desa Tendeki Kota Bitung. Dalam kesepakatan tersebut juga disebutkan, Rudis Kades dan PUSTU dipindahkan ke wilayah Minut. Sementara, areal pekuburan yang berada di desa Tendeki akan dimanfaatkan bersama, berikut sumber mara air diseputaram wilayah tersebut.(tim/sulutonline)