Jalan Sehat Warga Kawanua Dimeriahkan Musik Bambu

Waket MPR RI EE Mangindaan bersama ibu dan Wagub Kansil bersama ibu saat menyanyikan lagu daerah Batata RebusWaket MPR RI EE Mangindaan bersama ibu dan Wagub Kansil bersama ibu saat menyanyikan lagu daerah Batata Rebus

Jakarta-Gelaran jalan sehat dalam rangka peringatan HUT Emas Sulut ke 50 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada Sabtu (25/10/2014) berlangsung seru. Menyusul barisan ratusan pemusik bambu asal Nusa Utara ikut memeriahkan gelaran acara yang dihadiri seluruh warga Kawanua se Jabodetabek.

Pun acara ini menjadi begitu menarik manakala Wakil Ketua MPR RI EE Mangindaan bersama ibu Adeline Mangindaan Tumbuan dan Wakil Gubernur Sulut DR Djouhari Kansil bersama ibu Mieke Kansil Tatengkeng, serta Wakil Bupati Kabupaten Sangihe bersama ibu, dan tokoh Kawanua Benny Tengker, turun ikut menari Masamper Ampat Wayer saat dentuman musik bambu berkumandang menghibur warga Kawanua usai jelan sehat dengan route mengelilingi kawasan TMII.

Diketahui, panitia telah menggelar berbagai acara. Diantaranya anjangsana ke TMP Kalibata, Lomba Jalan Sehat dan Bazar Amal. Kemudian akan dilanjutkan dengan seminar nasional dengan topik menuju Pintu Gerbang Asia Pasific dengan gubernur Sulut sebagai pembicara utama pada tanggal 30 Oktober dan acara puncaknya pada tanggal 31 oktober di gedung Sasono Utomo TMII.

Wagub Kansil dalam sambutannya memberikan apresiasi yang tinggi pada warga seluruh Kawanua di Jabodetabek dan inisiatif panitia menggelar rangkaian HUT Emas Sulut ke 50 tahun 2014 di Jakarta.

“Ini menurut saya sangat luar biasa. Karena meski berada di tanah rantau tetap ingat daerah asal. Dan ini merupakan promosi Sulut di ibukota. Dengan begitu, orang akan tahu bahwa Sulut kaya adat istiadat dengan 3 etnis besar yakni, Nusa Utara, Bolmong dan Minahasa,”katanya.

Wagub Kansil juga menyatakan salut atas kinerja mantan Kepala Penghubung Lama, Jemmy Kuhu yang telah berinovasi demi kemajuan Sulut. “Ini menjadi tantangan buat Kepala Penghubung Baru Jemmy Suprianda Ruru ke depan,”ingatnya seraya mengajak agar seluruh warga Kawanua untuk terus bergandengan tangan, demi kemajuan Sulut.

“Banyak sudah keberhasilan yang ditorehkan selama ini”terangnya seraya menuturkan bahwa kemjauan ini juga tidak lepas dari perjuangan para pendahulu pemimpin Sulut seperti EE Mangindaan.

Dalam kesempatan itu, tak lupa Wagub Kansil bersama ibu Mieke Kansil Tatengkeng bersama Asisten I Setdaprov Sulut Drs Jhon Palandung serta sejumlah pejabat Sulut lainnya melakukan peninjauan anjungan Sulut. Sekadar informasi, di anjungan Sulut sudah ada 3 bangunan rumah adat, masing-masing rumah adat Minahasa, Bolmong dan Nusa Utara.

“Khusus rumah adat Nusa Utara akan diresmikan oleh Gubernur Sulut pada pekan depan,”terang Jemmy Kuhu dalam laporannya.

Gelaran Sabtu pagi hingga siang itu, diakhiri dengan santap siang bersama. Sebelumnya, EE Mangindaan bersama ibu Adeline Mangindaan Tumbuan yang turun menyanyi lagu daerah “Batata Rebus” mengajak Wakil Gubernur DR Djouhari Kansil dan ibu Mieke Kansil Tatengkeng menyanyi bersama yang diikuti secara serentak warga Kawanua yang hadir di anjungan Sulut.(tim/sulutonline).