Mokodongan Kuliahi Anggota Dewan Bitung dan Boltim

Mokodongan saat membuka orientasi anggota dewan Bitung dan BoltimMokodongan saat membuka orientasi anggota dewan Bitung dan Boltim

Manado-Sekdaprov Sulut Ir SR Mokodongan mengharapkan agar anggota DPRD Kota Bitung dan Kabupaten Boltim yang mengikuti orientasi wawasan kebangsaan yang dilaksanakan Badan Diklat Sulut (27/10/2014) di Hotel Gran Puri Manado, dapat mengedepankan kepentingan masyarakat luas dari pada kepentingan partai politik dalan menelorkan kebijakan.

Dikatakan Mokodongan, secara konseptual maupun legal-formal, kedudukan DPRD merupakan bagian integral dari pemerintahan daerah dimana karakter DPRD di dalam kofigurasi Negara kesatuan RI memiliki corak yang sangat berbeda dengan kedudukan legislative daerah di Negara-negara yang menganut paham Liberal.

“Dimana terdapat pemisahan kekuasaan yang absolute hingga ke tingkat lokal dan regional oleh karenanya dalam UU Nomor 32 Tahun 2004 tentang pemerintahan daerah, DPRD diletakkan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah yang bermitra dengan kepala daerah,”ingat Mokodongan saat membuka Orientasi Anggota DPRD Kota Bitung dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur Masa Jabatan 2014 – 2019 tersebut.

Mokodongan mengatakan, melihat stategisnya peran DPRD tersebut maka pemerintah melalui PP No. 16 Tahun 2010 menegaskan bahwa Anggota DPRD mempunyai hak untuk mengikuti Orientasi Pelaksanaan Tugas sebagai anggota DPRD di awal masa jabatannya dan mengikuti pendalaman tugas pada masa orientasi dan pendalaman tugas kepada pimpinan DPRD dan pimpinan fraksi masing-masing.

Lebih jauh dikatakan, untuk memastikan terpenuhinya hak konstitusi anggota DPRD Kabupaten Kota maka Mendagri mengeluarkan Permendagri No 57 Tahun 2011 tentang Pedoman Orientasi dan Pendalaman Tugas Anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten Kota untuk lebih meningkatkan pemahaman anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten Kota dalam menjalankan Tugas, Fungsi, Hak dan Kewajiban sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah.(tim/sulutonline).