Ribuan Pencari Kerja Serbu Job Fair Disnakertrans

Wagub Kansil didampingi Kadisnakertrans Sulut Edwin Roring Wagub Kansil didampingi Kadisnakertrans Sulut Edwin Roring saat meninjau 74 perusahaan yang menyediakan lowongan

74 Perusahaan di Sulut Siap Tampung 5237 Pencari Kerja

Manado-Pelaksanaan Job Fair yang dibuka secara resmi Wakil Gubernur (Wagub) pada Rabu (29/10/2014) di pusat pertokoan Mega Mall Boulevard, diserbu ribuan pencari kerja. Kegiatan kerjasama antara Kementrian Nakertrans RI dan Pemprov Sulut untuk menanggulangi masalah pengungguran di Sulut itu, diharapkan bisa menekan angka pengangguran yang semakin melonjak.

Wagub Kansil dalam kesempatan itu, mengajak agar para pencari kerja bisa memanfaatkan peluang dan kesempatan ini. “Sulut sudah 3 kali melaksanakan Job Fair yang ditunjang Kementrian Nakertrans. Untuk itu saya memberikan apresiasi yang tinggi bagi teman-teman dari Kementrian. Mudah-mudahan, kegiatan ini bisa menekan angka pengangguran di Sulut,”harapnya.

Diketahui, Job Fair 2014 yang akan berlangsung hingga Kamis (30/10/2014) ini diikuti sebanyak 74 Perusahaan dan Kelompok Pengrajin Pengusaha Kecil di Sulut. Setidaknya, ada 5237 lowongan yang disiapkan bagi pencari tenaga kerja (Pencaker) baru.

Wagub Kansil menekan agar ke 74 perusahaan yang siap menampung ribuan pencari kerja ini, diharapkan memprioritaskan tenaga lokal. Kecuali ketrampilannya tidak ada di Sulut untuk lowongan jabatan tersebut.
Wagub Kansil didampingi Kadisnakertrans Edwin Roring melihat Pencaker mendaftar kerja
Kedepan tegas Wagub Kansil, untuk menghadapi era perdagangan bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang dimulai tahun 2015 mendatang, Disnakertrans Sulut harus mampu mencetak pencaker yang berkualitas sehingga bisa bersaing dengan negara lain.

Melihat tingginya antusiasme maupun respons masyarakat terhadap pelaksanaan kegiatan ini, diharapkan Dinsnakertrans lebih memaksimalkan peran dan fungsi dari Balai latihan Kerja di Bitung, sebagai wadah pencetak calon-calon tenaga kerja yang berkualitas.

Sementara itu Kadis Nakertrans Edwin Roring SE saat membacakan sambutan tertulis Dirjen Bina Penta menyebutkan, secara nasional jumlah pengangguran sejak Februari 2014 mencapai 7,15 Juta jiwa atau sekitar 5,70 persen.

“Tingginya angka pengangguran ini merupakan dampak dari tidak seimbangnya jumlah pencaker dengan lapangan kerja produktif yang tersedia, krisis keuangan global yang masih terjadi serta kesiapan kita dalam menghadapi bonus eemografi yang diperkirakan akan terjadi pada tahun 2020 mendatang, “jelas Roring.(tim/sulutonline)