Bakteri Ecolly di Es Kacang Brenebon

Restoran Kawan Baru ManadoRestoran Kawan Baru Manado

Manager Kawan Baru Memohon Maaf

Manado-Selain satu anak meninggal dunia, dan Wakil Walikota Manado ikut menjadi korban keracunan, juga sudah sekitar 30-an orang korban akibat mengkonsumsi Es Kacang Brenebon di Rumah Makan (RM) Kawan Baru (KB) Manado. Korban keracunan akibat Bakteri Ecolly yang ada di Kacang Brenebon.

Kepala Dinas Kesehatan Manado dr Robby Motto kepada sejumlah wartawan, Jumat (31/10/2014) membenarkan adanya bakteri Ecolly di Es Kacang Brenebon dan Es Durian di RM KB Manado.

"Kami temukan ada Bakteri Ecolly di Es Kacang Brenebon dan Es Durian dalam sample yang diambil di RM KB. Ini yang menyebabkan warga mengalami keracunan ,” katanya.

Sementara Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Manado dan Dinas Kesehatan Sulawesi Utara (Sulut) sendiri sudah melakukan pengambilan sample bahan pembuat Es Brenebon yang diduga menyebabkan sejumlah warga Manado mengalami keracunan di rumah makan KB.

Sementara itu, pihak Rumah Makan (RM) Kawan Baru (KB) memohon maaf dan mengaku sangat prihatin atas kejadian tersebut. Pihak KB pun melakukan pemeriksaan lebih dalam terhadap permasalahan ini, dengan menyerahkan kepada instansi terkait yakni Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk memeriksa kejadian ini.

"Tentunya apabila ada yang salah dalam sistem kami , kami akan bertanggung jawab dan akan memperbaikinya. Selain itu kami pula sementara melakukan investigasi dan interogasi terhadap para karyawan dan penyaji menu tersebut, serta melakukan klarifikasi kepada setiap pemasok bahan baku,"jelas Manager KB Fandy Rundengan, pada wartawan Jumat (31/10/2014).

Menurutnya, pihaknya terus berusaha semaksimal mungkin untuk mencari penyebab peristiwa ini, dan akan bertanggung jawab atas kejadian yang menimpa para pelanggan mereka. Olehnya sebagai wujud keprihatinan pihaknya telah melakukan upaya mencari data dan mengunjungi para korban, untuk melihat apa yang bisa dibantu pihaknya baik di rumah sakit maupun di rumah.

"Kami berharap para korban cepat sembuh, serta mengharapkan kejadian ini bisa mendapatkan titik terang kedepan. Kami memohon maaf kepada para pelanggan kami yang mengalami kejadian tidak diingankan ini, termasuk telah menimpa Bapak Wakil Walikota Manado," ujarnya. (Baca berita terakit: RM Kawan Baru Manado Terancam Ditutup, red)-(tim/sulutonline)