Hadapi MEA 2015, Dinas KUMKM Sulut Perkuat Koperasi

Sekertaris UMKM dan Koperasi Sulut  Drs Benny Kalonta (Foto Ist)Sekertaris UMKM dan Koperasi Sulut Drs Benny Kalonta (Foto Ist)

Manado- Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (KUMKM) Sulut Ir Rene Hosang melalui Sekertaris Drs Benny Kalonta, Selasa (04/11/2014), menegaskan pentingnya strategi khusus koperasi dan UKM dalam menghadapi pasar bebas yang rencana berlaku tahun 2015 mendatang.

"Pengarahan atau pelatihan pengurus koperasi serta UKM terkait manajemen serta perangkat lainnya tentang pemahaman dasar-dasar perkoperasian yang berlaku tentunya dapat membantu di dalam menghadapi pasar bebas mendatang,"ujar Kalonta saat didampingi Kepala UPT Balai Pelatihan Koperasi dan UKM Sulut, Ir Victory Palar pada acara Bintek imbing implementasi UU 25 tahun 1992 dan UU No 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah bagi aparatur pembina koperasi yang digelar selama 3 hari di UPT Balai Pelatihan Koperasi dan UKM Sulut.

Kalonta menandaska, melalui bimbingan teknis tersebut, peserta dapat memanfaatkan sebaik mungkin sekaligus bersinergi dan berjalan sesuai undang-undang yang berlaku. "Jika perkoperasian Sulut kuat otomatis perekonomian masyarakat Sulut pun tak akan goyah dengan berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015,"ingatnya. (tim/sulutonline).