Pemprov Ingatkan Perusahaan Terapkan UMP Rp 2.150.000/bulan

Drs Sanny ParengkuanDrs Sanny Parengkuan

Manado-Pemprov Sulut terus melakukan sosialisasi terkait penerapan Upah Minimum Provinsi (UMP) sebesar Rp 2.150.000/bulan. Bahkan Asisten II Setdaprov Sulut Drs Sanny Parengkuang, kembali mengingatkan agar perusahaan harus mengacu pada ketentuan UMP yang telah ditetapkan melalui Peraturan Gubernur Sulut nomor 34 tahun 2014 tersebut.

“Iya, perusahaan harus menerapkan UMP tersebut,”tegas Parengkuan, Rabu (05/11/2014).

Dikatakannya, UMP Sulut sebesar Rp 2.150.000 ini telah dikaji berbagai faktor. Kemudian dipertimbangkan kemampuan perusahaan. “Kajian itu juga melibatkan, akademisi, buruh dan pengusaha. Terutama dewan pengupahan, sehingga gubernur mengambil keputusan terbaik,”terangnya.

Terkait dengan itu, Parengkuan mengingatkan agar para buruh di Sulut untuk terus meningkapkan kualitasnya atau skill sehingga bisa bersaing dengan para pencari kerja dari luar daerah.

“Sebab jika tahun 2015 memasuki pasar bebas Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), Pemprov Sulut tidak bisa melarang pencari kerja dari luar untuk masuk ke Sulut. Solusinya, tingkatkan kualitas agar bisa bersaing,”ingatnya. (tim/sulutonline).