Mokodongan: Kiprah Kaum Perempuan Terus warnai Pembangunan Sulut

Mokodongan saat membuka advokasi Pengarusutamaan GenderMokodongan saat membuka advokasi Pengarusutamaan Gender

Manado-Sekdaprov Sulut Ir Siswa R mokodongan mengatakan kiprah kaum perempuan di Sulut akan terus mewarnai pentas pembangunan bumi Nyiur Melambai. Bahkan, di tingkat nasional maupun di are globalisasi saat ini.

Demikian, Mokodongan saat membuka acara advokasi peningkatan kapasitas anggota legislatif tentang Pengarusutamaan Gender melalui perencanaan dan penganggaran yang resposnsif gender bagi anggota Dewan provinsi dan Kabupaten Kota se Sulut, Jumat (07/11/2014) di hotel Sintesa Peninsula Manado.

Dalam gelaran acara yang diprakarsai Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak Pemprov Sulut tersebut, Mokodongan menyatakan abad 21 ini merupakan era kebangkitan bagi perempuan. Bisa dilihat dengan tampilnya para pemimpin perempuan di dunia maupun di Indonesia baik dalam sektor politik, pemerintahan dan publik.

Menyadari hal itu, Mokodongan mengingatkan, perjuangan perempuan untuk mendapatkan hak masih menjadi isu strategis saat ini. Disadari masih ada kesenjangan yang terjadi di Indonesia terkait masalah gender.Terkait dengan itu, maka mengacu pada Inpres nomor 9 tahun 2000 tentang pengarusutamaan gender (PUG) dan Kepmendagri nomor 15 tahun 2007 tentang pelaksanaan pengarusutamaan gender, maka pemerintah Provinsi terus merespon positif berbagai upaya yang diperjuangkan oleh kaum perempuan.

Sekdaprov berharap apa yang diinginkan bersama untuk kesetaraan gender bisa diwujudkan. Semua peserta perlu memaksimalkan kegiatan ini dan peserta dapat mengikuti materi sampai selesai agar bisa mendapatkan manfaat bagi kesetaraan gender di Sulut.(tim/sulutonline).