Watania Ingatkan Penyelesaian Masalah Batas Daerah Harus Dengan Kepala Dingin

Watania saat rapat koordinasi percepatan penyelesaian batas daerah provinsi kabupaten dan kota se SulutWatania saat rapat koordinasi percepatan penyelesaian batas daerah provinsi kabupaten dan kota se Sulut

Manado-Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Dra Lynda Watania, MM, Msi saat rapat koordinasi percepatan penyelesaian batas daerah provinsi dan kabupaten kota, Senin (10/11/2014) di Gran Kawanua Convention Center Manado, mengingatkan dalam penyelesaian batas daerah yang ada di Provinsi Sulawesi Utara harus dilaksanakan dengan menggunakan cara kepala dingin.

Dalam kegiatan yang diikuti seluruh Camat yang ada di Sulut tersebut, Watania mengatakan, penyelesaian batas daerah setiap kabupaten kota diharap melakukan koordinasi dengan pihak pemerintah Provinsi yakni Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat untuk memfasilitasi proses penyelesaian batas daerah.

“Esensi batas daerah dalam pemerintahan umum ialah demi tertibnya administrasi kewilayahan, penyelenggaraan pembangunan, pelayanan umum dan kegiatan masyarakat,”katanya.

Jika ada sengketa batas antara satu daerah harus segera dilaksanakan karena jika masalah batas belum selesai akan mempengaruhi kegiatan pemerintahan umum, daerah bersangkutan akan mengalami banyak kerugian.
Yang pasti tegas Watania, batas daerah penting diketahui oleh camat dengan berpedoman pada undang-undang, sehingga penyelesaian masalah batas daerah bisa terarah dengan baik. Lakukan tahapan penyelesaian masalah batas dengan benar, mulai dari pertemuan bersama hingga survei lapangan. Walaupun ada pergantian camat, posisi permasalahan batas harus terus diperhatikan sehingga tidak banyak mengalami kerugian. Jika tidak mengalami titik temu, diharapkan daerah tidak segan dalam berkoordinasi dengan Gubernur sebagai kepala daerah untuk menghindari pertentangan, perebutan batas.

“Semua itu merupakan tugas dari seorang camat,”ingat Watania.(tim/sulutonline).