Mokodongan: Sarundajang Berhasil Majukan Kabupaten/Kota

Rakor dan fasilitasi percepatan penyelesaian perselisihan batas antar Provinsi Kabupaten Kota se SulutRakor dan fasilitasi percepatan penyelesaian perselisihan batas antar Provinsi Kabupaten Kota se Sulut

Manado-Sekdaprov Sulut Ir SR Mokodongan melalui Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulut saat Rakor dan fasilitasi percepatan penyelesaian perselisihan batas antar Provinsi, Kabupaten dan Kota se-Sulut, mengatakan Gubernur Sulut DR Sinyo Harry Sarundajang dalam kedudukannya sebagai wakil Pemerintah Pusat diakuinya telah memberikan hasil yang cukup siknifikan bagi kemajuan roda pemerintah Kabupaten/Kota.

Menurut Mokodongan, hasil signifikan yang dicapai antara lain koordinasi, pembinaan dan pengawasan (koorbinawas) berjalan sangat kondusif dan ini dapat dilihat dari: berjalannya pelaksanaan rakor dan evaluasi pemerintahan, serta kunjungan-kunjungan kerja ke Kabupaten/Kota, konsultasi dan pengawasan APBD Kabupaten/Kota, koordinasi dan fasilitasi pengisian anggota pengganti antar waktu (PAW DPRD) Kabupaten/Kota, fasilitasi pelaksanaan Fit And Proper Test dan pengusulan pejabat sekda Kabupaten/Kota oleh Gubernur ke Mendagri serta berjalannya sistem bagi hasil PAD Provinsi dengan Kabupaten/Kota.

“Selain itu, kewenangan-kewengan sektoral juga sudah mulai berjalan baik melalui asas dekonsentrasi atau tugas pembantuan. Antara lain kewenangan mereview (pengawasan) Perda-Perda yang bermasalah dari kabupaten/kota, termasuk menfasilitasi percepatan penyelesaian segmen batas antar Kabupaten/kota yang hingga kini sudah hampir tuntas, “jelas Mokodongan dalam Rakor yang digelar Biro Pemerintahan dan Humas di GKIC Manado, Senin (10/11/2014) , diikuti para Camat Kabupaten/Kota se-Sulut.

Kabag Pemerintahan Boslar Sanger SE menyebutkan, dari 18 segmen batas daerah yang ada; 6 segmen sudah memiliki Permendagri. Kemudian 6 segemen telah diproses pembuatan Permendagri, 3 segmen batas sementara penyusunan draf Permendagri serta 3 segmen dalam fasilitasi penyelesaian batas oleh Pemprov Sulut. (tim/sulutonline).