Sulut Siap Pecahkan Rekor MURI Deteksi Dini Obesitas

dr Grace Punuhdr Grace Punuh

Sekaligus Launching Stunting Gizi Anak

Manado-Pemprov Sulut melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulut, hari ini, Rabu (12/11/2014) akan menggelar pemecahan rekor MURI deteksi dini obesitas, dengan peserta terbanyak. Pemecahan rekor ini merupakan rangkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) – 12 November 2014 ke 50 dan rangkaian peringatan HUT Emas ke 50 Sulut 2014.

Dikatakan Kepala Dinkes Sulut dr Grace Punuh saat didampingi ketua panitia pelaksana dr Nora Lumentut, kegiatan yang dilaksanakan usai upacara HKN dihalaman kantor Gubernur Sulut itu, nantinya akan dipimpin Sekdaprov Sulut Ir Siswa R Mokodongan selaku Inspektur Upacara.

“Kegiatan pencapaian rekor MURI untuk deteksi dini obesitas, lewat pemeriksaan lingkar perut, tinggi badan dan berat badan ini akan melibatkan sebanyak 1500 orang dari Instansi pemerintah, swasta dan masyarakat termasuk peserta dari Kota Manado dan kabupaten/kota lainnya,”terang Punuh yang dibenarkan Lumentut, Selasa (11/11/2014) seraya menyebutkan, obesitas merupakan pintu masuk berbagai penyakit kronis yang banyak menyerang warga Sulut, seperti hipertensi dan diabetes.

Aksi tersebut menurut Punuh, merupakan ide brilian dari Gubernur Sulut Dr Sinyo Harry Sarundajang dan bakal dipantau oleh WHO.”Ada tiga kategori piagam dalam rekor MURI tersebut, masing-masing, piagam penghargaan kepada gubernur Sulut sebagai penggagas, piagam kepada Kadis Dinkes Sulut sebagai penyelenggara dan piagam penghargaan kepada kabupaten kota sebagai penyelenggaran dengan peserta terbanyak,”jelasnya.

Selain itu, terang Punuh dan Lumentut, usai pemecahan rekor MURI akan dilanjutkan dengan Launching Stunting atau mengalami pemendekan postur tubuh akibat kekurangan asupan gizi.

“Karenanya penting sekali untuk memberikan asupan gizi yang tepat bagi anak mulai dari umur nol sampai 2 tahun. Disarankan perbanyak asupan gizi DHA dan Omega 3 selain Air Susi Ibu (Ibu), sehingga ke depan, kita bisa menciptakan manusia yang tangguh dan cerdas,”ingat Punuh dan Lumentut. (tim/sulutonline).