Gubernur Imbau Warga Waspadai Bencana

Gubernur Sulut DR Sinyo Harry SarundajangGubernur Sulut DR Sinyo Harry Sarundajang

SHS: Jika Hujan Sampai 3 Hari Segera Mengungsi !

Manado-Menyusul cuaca ektrim di akhir tahun 2014 ini, memaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulut mengeluarkan status Siaga Bencana. Pun gubernur Sulut DR Sinyo Harry Sarundajang (SHS) mengingatkan agar seluruh warga Sulut mewaspadai ancaman bencana.

“Jika hujan sudah sampai 3 hari berturut-turut sebaiknya segera mengungsi pada sanak keluarga yang tinggal di daerah aman,”imbau SHS pada sejumlah wartawan, Senin (17/11/2014).

Dalam kesempatan itu, SHS juga kembali mengingatkan agar seluruh warga yang tinggal di sepanjang bantaran sungai, daerah perbukitan, pesisir pantai, mewaspadai cuaca ekstrim di akhir tahun 2014 ini.

“Ini fenomena alam yang tidak bisa kita tolak. Kita hanya berharap agar Tuhan selalu melindungi seluruh warga Sulut dari ancaman bencana, sambil mewaspadai gejala fenomena alam. Termasuk, ancaman erupsi gunung Lokon dan Karangetang,”katanya.

Sementara BPBD Sulut, terus melakukan pemantauan disejumlah titik rawan bencana di Sulut. Terutama di Kota Manado.”Besok, Selasa (18/11/2014) kami akan melakukan simulasi penanganan bencana di halaman kantor BPBD, termasuk berbagai antisipasi jika terjadi bencana banjir, tanah longsor dan erupsi gunung Lokon dan Karangetang,”Kepala BPBD Sulut Ir Noldy Liow secara terpisah.(tim/sulutonline).