Wagub Kansil: Gedung Pingkan Matindas Perlu Direnovasi

PNS Pemprov Sulut yang dipimpin Wagub Kansil saat membersihkan Gedung Pingkan Matindas saat diterjang banjir laluPNS Pemprov Sulut yang dipimpin Wagub Kansil saat membersihkan Gedung Pingkan Matindas saat diterjang banjir lalu

Sejak Diterjang Banjir 15 Januari Belum Direnovasi

Manado-Kondisi gedung Pingkan Matindas milik Pemprov Sulut yang berada di kawasan Gelanggang Olahraga Olympic KONI Sario Manado, sangat memprihatikan. Bahkan, sejak diterjang banjir 15 Januari 2014, belum direnovasi.

Karenanya, Wakil Gubernur (Wagub) Sulut DR Djouhari Kansil, usai membuka Festival Musik Bambu, Kolintang dan Mixed Choir yang dilaksanakan di gedung tersebut, Senin (24/11/2014), mengatakan, gedung yang merupakan asset Pemprov dan berada di lokasi strategis itu, sudah perlu direnovasi.

“Memang sejak terkena bencana banjir 15 Januari 2014 lalu, belum dilakukan renovasi. Makanya, saya desak agar Dinas Pariwisata segera memikirkan untuk renovasi gedung. Nah, ini saat yang tepat untuk mengusulkannya dalam APBD 2015,”terang Wagub Kansil pada wartawan.

Apalagi, kondisi gedung sudah sangat tidak layak untuk diadakan berbagai acara. Terlihat, baik plafon, dinding dan beberapa fasilitas penunjang sudah keropos.”Jika gedung ini bisa dimaksimalkan maka bisa digunakan untuk berbagai kegiatan. Apalagi, sudah ada edaran bahwa kegiatan pemerintahan tidak boleh lagi dilaksanakan di gedung hotel. Nah, salah satu solusinya, memanfaatkan gedung Pingkan Matindas ini,”terang Wagub.

Kepala Dinas Pariwisata Sulut Ir Joy Korah, saat dikonfirmasi terkait rencana renovasi gedung Pingkan Matindas, menyebutkan, pihaknya segera akan mengusulkan ke dewan agar penganggaran renovasi gedung bisa disetujui.

“Kedepan, tentunya hasil dari sewa gedung ini, bisa masuk sebagai Pendatapan Asli Daerah (PAD). Semuanya tergantung DPRD Sulut karena mereka yang memutuskan boleh tidaknya diadakan renovasi pembangunan gedung Pingkan Matindas,"ujar Korah. (tim/sulutonline).