Silangen : Setiap Usaha Harus Memiliki Ijin Lingkungan

Kepala BLH Sulut Edwin Silangen SEKepala BLH Sulut Edwin Silangen SE

BLH Ingatkan Warga Waspadai Cuaca Ekstrim

Manado-Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sulut, Edwin Silangen SE, mengingatkan agar setiap pemilik usaha harus memiliki ijin lingkungan, Amdal, UKL dan UPL.

“Khusus usaha yang berada di bawah tahun 2009, harus membuat dokumen evaluasi lingkungan. Dan usaha yang berada diatas tahun 2009, wajib membuat Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal), Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan (UPL). Ini sesuai dengan amanat UU nomor 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup,”tegasnya pada wartawan, Selasa (02/12/2014) sore.

Menurut Silangen, ijin Amdal, UKL, UPL ini merupakan syarat dan kewajiban pemilik pertambangan, perhotelan, pabrikan, kawasan pengembang dan usaha lainnya yang bersentuhan langsung dengan lingkungan.”Jika tidak, maka akan dikenai sanksi sesuai pertaruan yang berlaku,”ingatnya.

Terkait dengan itu, mencermati fenomena alam yang ekstrim saat ini, Silangen menyebutkan, Kabupaten dan Kota harus memperhatikan dan membuat daerah resapan air, untuk mengantisipasi ancaman banjir dan tanah longsor. Terutama di sekitar areal pemukiman warga.

Untuk itu terangnya, baik warga maupun pemerintah setempat mewaspadai ancaman bencana akibat cuaca ekstrim. “Kedepan, Pentingnya pengendalian lingkungan di areal sekitar DAS dengan menanam pohon Seho, atau Bambu karena bisa menyerap air dan menahan abrasi sungai,”sarannya.(tim/sulutonline).