BLH Sulut Ingatkan Pemkot Manado Lakukan Peremajaan Pohon

Pohon tumbang menimpa mobil yang mengakibatkan satu orang tewas (Foto Ist)Pohon tumbang menimpa mobil yang mengakibatkan satu orang tewas (Foto Ist)

Pasca Pohon Roboh Yang Mengakibatkan Jatuh Korban

Manado-Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sulut Edwin Silangen SE, mengingatkan agar Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, segera melakukan peremajaan pohon yang berada disepanjang jalan protokol kota, untuk menghindari kemungkinan buruk bagi pengguna jalan raya.

Peringatan ini dikatakannya menyusul, robohnya pohon di Kelurahan Tanjung Batu, Lingkungan IV, Kecamatan Wanea, yang mengakibatkan dua buah mobil hancur, berikut satu korban jiwa melayang.

Dikatakan Silangen, musibah yang tidak bisa diprediksi kapan datangnya, namun instansi terkait, dalam hal ini Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Manado, dapat meminimalisir terjadinya musibah ini, dengan langka-langka melakukan penertipan pohon yang sudah berusia tua, yang dapat membahayakan pengguna jalan.

Semestinya saran Silangen, dalam kondisi cuaca ekstrim yang akhir-akhir ini terjadi, pihak terkait Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, melakukan peningkatkan pengawasan kondisi pepohonan yang ada di pusat Kota, dua kali dari sebelumnya.

"Kondisi pohon kalau sudah diatas usia lima tahun, itu harus diwaspadai, sudah harus dilakukan pengawasan, jangan sampai membahayakan pengguna jalan, contohnya kejadian kemarin (pohon roboh dan menimpah dua mobil),"katanya pada wartawan, baru-baru ini.

Belajar dari musibah tersebut, Silangen mengharapkan, BLH Kota Manado sudah saatnya secara intensif melakukan pengawasan, pemantauan atas kondisi pepohonan yang ada. "Kalau pohonnya sudah tidak layak, alangkah baiknya dilakukan peremajaan, dipangkas pohon yang sudah tua dan diganti dengan yang baru," ujar Silangen yang juga mantan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdaprov Sulut ini. (tim/sulutonline).