Mantan Wagub Sulut Freddy Harry Sualang Meninggal

SHS saat melayat almarhum mantan Wagub Sulut Freddy Harry SualangSHS saat melayat almarhum mantan Wagub Sulut Freddy Harry Sualang

Golden Triangle Sampaikan Belasungkawa pada Keluarga

Manado-Berita meninggalnya mantan Wakil Gubernur (Wagub) Sulut Freddy Harry Sualang, periode 2000-2005 dan periode 2005-2010, pada Jumat (12/12/2014) sekitar pukul 06:15 wita di RSUP Prof Kandow Malalayang Manado, membuat seluruh warga Sulut terkejut dan berduka cita atas kepergian tokoh politik Nyiur Melambai tersebut.

Pun Golden Triangle (Gubernur DR Sinyo Harry Sarundajang, Wakil Gubernur DR Djouhari Kansil, Sekdaprov Ir SR Mokodongan), saat mengetahui kepergian mantan Wagub Sulut tersebut, menyatakan duka cita yang mendalam.
 Keluarga yang berduka Sualang - Pangemanan
Pun saat melayat dan menghadiri ibadah penghiburan di rumah duka keluarga Sualang – Pangemanan, di kawasan Malalayang Manado, gubernur Sulut DR Sinyo Harry Sarundajang (SHS) didampingi istri Dra Deetje Sarundajang Lao Tambuwun, anggota DPR RI Vanda Sarundajang, anggota dewan Sulut Eva Sarundajang, Wakil Bupati Minahasa Ivan Sarundajang dan seluruh pejabat teras Sulut dan TP PKK Sulut, Jumat malam, tak mampu membendung jatuhnya airmata.

Dalam kesempatan itu, SHS menuturkan banyak kenangan manis saat bersama almarhum Freddy Harry Sualang ketika memimpin Sulut pada periode 2005-2010 lalu.
Keluarga Sarundajang Tambuwun saat melayat
Almarhum Freddy Harry Sualang ungkap SHS, merupakan seorang pemimpin Sulut yang patut diteladani. “Sahabat saya ini telah lama dalam pergumulan sakit, dan saya yakin almarhum telah menyerahkan hidupnya pada Tuhan. Saya berteman dengan almarhum sejak di DPRD Minahasa hingga menjadi anggota DPRD Sulut, serta menjadi Wagub dengan Gubernur Sondakh. Selanjutnya, dilanjutkan dengan saya pada periode 2005-2010.Karena itu kepada Isteri Ibu Zus Sualang pangemanan serta anak-anak dan cucu yang ditinggalkan, kiranya mendapat kekuatan dan pertolongan dari Tuhan,”ujar SHS dengan suara bergetar.
SHS saat menyampaikan sambutan duka
Diakui SHS, banyak ide serta gagasan yang dihasilkan dalam masa periode tersebut. Almarhum tutur SHS, sangat rajin dan dikenal luas masyarakat Sulut. “Banyak politisi yang lahir dibawah kepemimpinannya serta banyak memberi bantuan kepada banyakmorang termasuk, anak-anak saya yang kini duduk di DPR RI, DPRD Provinsi dan Wakil Bupati Minahasa. Almarhum telah banyak memberi jasa bagi kemajuanroda pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Sulut. Sebagai Wakil gubernur Sulut dua periode, kiranya segala jasa dan pengabdian almarhum akan diterima disisi Tuhan,”sendu SHS.
Penghiburan jajaran Pemprov Sulut dan TP PKK Sulut
Secara terpisah Wakil Gubernur (Wagub) Sulut Dr Djouhari Kansil, menyebutkan, figur tokoh politik Sulut Freddy Harry Sualang, telah menorehkan warna bagi jalannya roda pemerintahan dan politik di Sulut.”Sulut telah kehilangan salah satu putra terbaiknya. Apa yang Tuhan buat, itu baik adanya,”katanya.

Sekdaprov Sulut Ir SR Mokodongan, menambahkan, dalam percaturan perpolitikan di Sulut, sosok almarhum sangat mengakar sampai lapisan terbawah. “Dalam pemerintahan ide-ide almarhum sangat cemerlang. Saya atas nama seluruh jajaran Korpri Sulut mengucapkan turut berduka cita yang se dalam-dalamnya. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan iman,” ujar Mokodongan.(tim/sulutonline).