1000 Lebih Jenis Species Biota Laut Berada di Sulut

Wagub Kansil didampingi Karo Pemerintahan dan Humas Dra Lynda Watania Wagub Kansil didampingi Karo Pemerintahan dan Humas Dra Lynda Watania dalam workshop nasional menuju pintu gerbang ASPAC

Kansil: Sulut Kaya Akan Potensi Sumberdaya Biologi

Manado-Ciri khas wilayah tropik perairan Sulut amat kaya dengan potensi sumberdaya biologi, yang dinyatakan dengan tingkat keanekaragaman hayati yang tinggi. Demikian disampaikan Wakil Gubernur (Wagub) Sulut DR Djouhari Kansil, saat menjadi pembicara pada Workshop Nasional Tentang peluang dan tantangan dalam memajukan kemaritiman di Sulut.

Kegiatan yang dilaksanakan Biro Pemerintahan dan Humas dengan mengusung Tema Sulut Siap Bangun Kemaritiman Nasoinal Menuju Pintu Gerbang Asia Pasifik. Dikuti para birokrat dan akademis.

Menurut Kansil, tak kurang dari 7000 spesies biota laut yang dikenal di dunia, 60 persen dari 2000 jenis yang ada di perairan Indonesia, semua berada dan di temukan di perairan Sulut. Belum lagi ciri khas spesies-spesies unik yang terdapat disepanjang garis walacea.

“Disamping itu, 75 persen dari spesies keragaman terumbu karang terdapat di perairan Sulut,” jelasnya.

Karena itu Kansil minta potensi sumberdaya biologi yang mempunyai arti strategis sebagai sumber makanan dan obat-obatan bagi umat manusia supaya dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi, termasuk habitat hutan bakau yang diperkirakan mempunyai luas sebesar 29.500 H.

Secara biologi kawasan pantai dan laut perairan Sulut menurut Kansil mempunyai arti global karena perairan Sulut merupakan tempat bertelur ikan-ikan migran seperti Tuna, Lumba-Lumba, serta berbagai jenis ikan Paus dan Penyu.

Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Dra Lynda Watania MM MSi mengatakan, pembicara lain yang tampil dalamWorkshop kali ini yaitu Pakar Perikanan dan kelautan Prof Dr Ir S Berhimpon serta Dr Noldy Tuerah dan Kadis Hub Kominfo Drs Joy Oroh. (tim/sulutonline).