Jenasah Alm Freddy Sualang Dilepas Dari Kantor Gubernur

Wagub Kansil saat meletakan Krans Duka diatas peti jenazah almarhumWagub Kansil saat meletakan Krans Duka diatas peti jenazah almarhum

Kansil : Sualang Pemimpin Yang Gigih Dalam Berjuang

Manado-"Suasana duka sangat terasa manakala mengingat eksisitensi Almarhum mantan Wakil Gubernur Freddy Harry Sualang. Sosok pemimpin yang gigih dalam berjuang. Sosok yang sarat dengan nilai-nilai kemanusiaan, pemimpin yang memiliki kesantunan etika dan integritas spiritualitas,”

Demikian penggalan kalimat yang diucapkan Wakil Gubernur (Wagub) Sulut DR Djouhari Kansil, saat mengawali sambutannya dalam pelepasan secara resmi jenazah Almarhum Freddy Harry Sualang di loby kantor gubernur Sulut, Senin (15/12/2014) siang.

Dikatakan Wagub Kansil, Almarhum merupakan sosok pemimpin sederhana. Namun dalam kesehariannya selalu memancarkan kharisma pemimpin yang murah senyum dan tidak pernah mengandalkan kekuasaan.
Keluarga yang berduka cita Sualang - Pangemanan
“Almarhum Freddy Harry Sualang adalah sosok politisi Sulut yang telah mengajarkan seluruh elemen masyarakat Sulut untuk mengarahkan politik pada pembangunan daerah,”ujar Wagub Kansil.

Almarhum yang juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Privinsi Sulut periode 1999-2000, terang Wagub Kansil, merupakan sosok pemimpin yang layak untuk dijadikan panutan bagi setiap masyarakat, maupun birokrat di Sulut.

"Almarhum memilik karakter yang rendah hati dan kesopanan yang tinggi. Sebagai seorang politisi, Beliau memandang lawan politik bukan sebagai musuh, namun Ia senantiasa merangkul. Sehingga kita perlu belajar kepada Beliau. Meskipun Almarhum telah pergi meninggalkan kita, namun jiwanya senantiasa hidup di hati kita,"tegas Kansil dengan suara bergetar.
 Prosesi pelepasan jenazah almarhum Freddy Harry Sualang
Karena itu tak mengherankan, jika tahun demi tahun kehidupan Almarhum, senantiasa diberkahi dengan kepercayaan dan tanggungjawab yang besar sebagai Wagub Sulut periode 2000-2005 dan 2005-2010.

Upacara pelepasan jenasah Almarhum Freddy Harry Sualang ini, turut dihadiri Wakil Ketua MPR-RI yang juga mantan Gubernur Sulut periode 1995-2000 EE Mangindaan bersama Isteri Ny Adellina Mangindaan Tumbuan, mantan Wagub Abdullah Mokoginta, mantan Wagub JB Wenas bersama isteri, para pejabat dan mantan pejabat Pemprov.

Sebelumnya, jenazah almarhum, disemayamkan di gedung Dewan Sulut. Wakil ketua Dewan Sulut hasil pemilu 1999, mantan Ketua DPD PDI-Perjuangan Sulut, (juga) dilepas secara resmi dipimpin Wakil ketua Dewan Sulut Drs Stefanus Vreeke Runtu. (tim/sulutonline).