Pemprov Sulut (Masih) Kantongi 22 Gugatan Kasus Tanah

Marsel Sendoh SH Kepala Biro Hukum Setdaprov SulutMarsel Sendoh SH Kepala Biro Hukum Setdaprov Sulut

Tanah Bumi Beringin Belum Aman ?

Manado-Pemprov Sulut, sepertinya harus terus berjuang untuk mempertahankan ratusan hektar tanah yang diklaim dan digugat warga. Rata-rata gugatan yang saat ini dalam proses Mahkamah Agung (MA) itu, ditujukan langsung pada gubernur Sulut tersebut, berupa tuntutan hak atas tanah dan ganti rugi.

Setidaknya, diakhir tahun 2014 ini, data yang tercatat di Biro Hukum Setdaprov Sulut, ada 24 gugatan sejak tahun 2004 lalu. Gugatan ganti rugi tanah terluas adalah perkara perdata nomor 234/Pdt.G/2013/PN.Mdo dengan objek perkara tanah Kalasey seluas 225 hektar dengan penggugat H Damo, yang dalam hal ini pada posisi tahapan Banding.

Menariknya, dalam gugatan ganti rugi tanah kawasan Bumi Beringin Manado seluas 29,800M2, digugat dan diklaim oleh Dua orang pemilik, yakni, J Matindas dan F Mamesah Cs. Diketahui, kawasan elit ini telah menjadi tempat tinggal rumah jabatan, gubernur, wakil gubernur, sekdaprov Sulut, ketua dewan Sulut, Kejati Sulut, Walikota Manado serta sejumlah pejabat teras di Bumi Nyiur Melambai.

Kepala Biro Hukum Setdaprov Sulut Marsel Sendoh SH saat didampingi Kabag Bantuan Hukum F Tambuwun SH dan Kasubag Sengketa Hukum Jemmy Tomigolung SH, mengatakan, khusus keluarga F Mamesah Cs, sudah pernah dibayarkan. Dan saat ini mereka masih menuntut sisa ganti rugi. Pembayaran pertama dilakukan Pemprov Sulut pada keluarga F Mamesah Cs terjadi pada 7 Desember 1961 dengan nilai Rp 894 ribu. Kemudian pada 5 Agustus 1965 sebear Rp 4.470.000.

Sementara gugatan keluarga J Matindas, atas tuntutan ganti rugi senilai Rp 65.56 miliar, dalam posisi banding, bersamaan dengan keluarga F Mamesah Cs yang menggugat sebesar Rp 101 miliar.”Keluarga Matindas mengajukan Banding, karena kalah di PN. Untuk keluarga Mamesah, juga kalah di PN sehingga Kasasi,”ungkap Sendoh.

Kendati demikian, baik Sendoh maupun Tambuwun dan Tomigolung menandaskan, pihaknya dalam hal ini Pemprov Sulut, akan memenangkan perkara perdata ini. “Kami memiliki bukti akurat. Pemprov Sulut pasti akan menang,”tegas mereka optimis, Selasa (16/12/2014).(Baca berita terkait: Inilah Nama – Nama Penggugat Gubernur Terkait Masalah Tanah/PHK, red)-(tim/sulutonline)