Wagub Ingat Waspadai Ilegal Loging

Wagub Kansil saat menanam pohon ketika didampingi Kadis Kehutanan SulutWagub Kansil saat menanam pohon ketika didampingi Kadis Kehutanan Sulut

(Dari Peringatan Hari Menanam Indonesia)

Manado-Wakil Gubernur (Wagub) Sulut Dr Djouhari Kansil MPd, saat memperingati Hari Menanam dan Bulan Menanam Indonesia 2014, kembali mengingatkan agar seluruh komponen masyarakat Sulut untuk mewaspadai pencurian kayu (Ilegal Loging) yang marak saat ini.

“Karena itu dihimbau, peran pemerintah kabupaten/kota untuk terus meningkatkan pengawasan hutan secara utuh dan menyeluruh, supaya bisa mempersempit ruang gerak dari si pemalak hutan,”ingat Kansil saat kegiatan menanam di taman Huta Raya Gunung Tumpa, Manado, Selas (23/12/2014).

Dalam kesempatan itu, Wagub Kansil berkesempatan menanam pohon Cempaka dan Jabon di Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Indonesia Tahun 2014, tingkat Provinsi Sulut.

Wagub mengatakan, sudah menjadi tugas dan tanggungjawab kita bersama dalam menjaga dan melestarikan kekayaan alam ini sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku.

Memasuki musim penghujan dipenghujung tahun ini, Wagub mengingatkan akan bencana banjir bandang yang melanda daerah ini pada 15 januari 2014 lalu.

“Sudah menjadi tekad kita bersama agar bencana banjir dan tanah longsor tidak kembali melanda Sulut,”katanya kembali seraya mengingatkan penting peran hutan dalam mencegah bencana banjir dan tanah longsor.

Sebelumnya Kadis Kehutanan Provinsi Sulut Ir Herry Rotinsulu, telah menyerahkan buku kiprah kehutanan 50 tahun Sulut Tahun 1946-2014 kepada Wagub dan sejumah pejabat yang hadir dan penyerahan bibit pohon.

Rotinsulu menambahkan, Taman Huta Raya Gunung Tumpa merupakan kawasan konservasi yang terpadu antara hutan alam sekunder dengan hutan tanaman di provinsi Sulut yang luasnya mencapai 2.8,81 Ha membentang dari kawasan hutan kota Manado sampai Kabupaten Minut. (tim/sulutonline).