Golden Triangle Ingatkan Warga Waspadai Cuaca Buruk Akhir Tahun

Golden Triangle Gubernur SHS, Wagub Djouhari Kansil dan Sekdaprov Sulut Ir SR MokodonganGolden Triangle Gubernur SHS, Wagub Djouhari Kansil dan Sekdaprov Sulut Ir SR Mokodongan

Manado-Cuaca ekstrim tidak menentu akhir tahun 2014 ini, membuat warga kuatir. Apalagi, pada Senin (29/12/2014) curah hujan yang disertai angin kencang, dan gelombang ombak mencapai 1-2 meter, memaksa aktivitas warga sempat terhenti.

Karenanya, baik Gubernur DR Sinyo Harry Sarundajang (SHS), Wakil Gubernur (Wagub) DR Djouhari Kansil, Sekdaprov Sulut Ir SR Mokodongan, melalui juru bicara Pemprov Sulut Drs Yahya Rondonuwu mengingatkan, agar seluruh warga Sulut mewaspadai cuaca buruk diakhir tahun 2014 ini.

“Bagi warga yang tinggal di sepanjang bantaran sungai dan perbukitan jika curah hujan selama 3 hari tanpa henti, sebaiknya segera mengungsi ke sanak keluarga yang tempatnya lebih aman. Apalagi status darurat bencana di Sulut belum dicabut dan masih sampai 2 bulan kedepan,”kata Rondonuwu mengutip pernyataan Golden Triangle.

Selain itu, Rondonuwu juga mengingatkan pada warga yang tinggal disepanjang bibir pantai untuk hati-hati. Terutama para nelayan, jangan dulu melaut jika cuaca tidak memungkinan. Demikian juga dengan perusahaan pelayaran antara pulau dalam Provinsi.

“Perusahaan pelayaran jangan memaksakan kapal berlayar jika cuaca ekstrem,”ingatnya seraya menambahkan, bagi warga pengguna jalan untuk menghindari pohon besar jika angin kencang bertiup.

Berikut prakiraan cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika tanggal 30 Desember 2014 dalam press releasse nya menyebutkan, Kota Manado, cuaca berawan dengan suhu udara 23-26 Derajat, kelembaban 85-95 dengan kecepatan angin 20 kilometer perjam dari arah Barat.

Kota Bitung, berawan dengan suhu udara 25-27 derajat, kelembaban 80-89 dengan kecepatan angin 20 kilometer perjam dari arah Barat. Tomohon, berawan, suhu 18-22 derajat, kelembaban 88-89 dengan kecepatan angin 20 kilometer perjam dari arah Barat. Tondano berawan, suhu udara 19-22, kelembaban 88-97, kecepatan angin 20 kilometer perjam dari arah Barat. (tim/sulutonline).