SHS Apresiasi Kinerja Seluruh Jajaran Pemprov Sulut

Gubernur dan Wagub saat memimpin rapat akhir tahun 2014 di graha GubernuranGubernur dan Wagub saat memimpin rapat akhir tahun 2014 di graha Gubernuran

Manado-Gubernur Sulut DR Sinyo Harry Sarundajang (SHS) memberikan apresiasi bagi seluruh jajaran Pemprov Sulut yang telah memberikan kinerja yang baik selama dirinya dan Wagub DR Djouhari Kansil memimpin Sulut hampir Lima tahun ini.

Penegasan tersebut disampaikan SHS saat memimpin rapat kerja pemprov Sulut terkait evaluasi program dan kegiatan tahun anggaran 2014 dan rencana program tahun anggaran 2015 yang digelar Senin (29/12/2014) di Graha Gubernuran.

Pada Raker tersebut seluruh kepala SKPD memaparkan capaian realisasi anggaran tahun 2014, masalah yang dihadapi serta memaparkan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan tahun 2015 nanti.

Gubernur mengapresiasi kinerja seluruh jajaran selama jalannya pemerintahan karena selama kepemimpinannya hampir 10 tahun banyak prestasi yang telah diraih Sulut. Semuanya itu berkat kerja cerdas, kerja tuntas dan kerja keras seluruh jajaran pemerintahan baik ditingkat tertinggi maupun terendah.

Gubernur mengatakan Rapat evaluasi akhir tahun 2014 ini dilaksanakan untuk menyamakan persepsi mengenai hasil capaian yang dilaksanakan selama setahun dan perencanaan tahun depan bisa lebih baik lagi.

Melalui raker yang diikuti oleh seluruh kepala Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) lingkup pemprov Sulut diharapkan bisa menyelesaikan masalah- masalah yang dihadapi tahun 2014 serta malakukan analisis kesimpulan dan melaksanakan penyesuaian di tahun anggaran mendatang.

Gubernur bangga karena berbagai penghargaan di terima pemprov Sulut tahun 2014 diantaranya fasilitator penyelesaian tapal batas, penghargaan duta perdamaian, PNPM mandiri, dan berbagai penghargaan lainnya.

Kedepan Gubernur mengingatkan kepada para kepala SKPD untuk memperbaiki sistem akuntabilitas kinerja, karena sistem akuntabilitas mempengaruhi penilaian pemerintah pusat bagi pemprov Sulut.

Disisi ekonomi Gubernur menyatakan, kinerja ekonomi Sulut stabil karena tumbuh diatas 7 persen selama 8 tahun terakhir, perekonomian Sulut berjalan optimis maju walaupun tidak begitu cepat. Inflasi masih bisa dikendalikan.

Terkait penyerapan anggaran dengan realisasi kurang lebih 2 triliun berjalan dengan baik. SHS mengingatkan agar penganggaran dapat diperhatikan lagi agar tertata dengan baik. Diketahui juga selama tahun 2014, sudah 6 perda diterbitkan

Mengenai pembangunan tahun 2015 kedepan dimana Sulut sebagai koridor pembangunan ekonomi perlu ditunjang dengan pembangunan infrastruktur diantaranya TOL dan pembangunan lainnya, serta pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung.

Terkait dengan perubahan beberapa nomenklatur kementrian, Gubernur mengingatkan agar penataan nomenklatur SKPD di sesuaikan dengan kementrian yang ada saat ini.

Khusus RAPD 2015 yang mendapat koreksi dari Kementrian dalam negeri, Gubernur meminta agar pihak SKPD dapat memahami dengan baik terkait kebijakan yang akan di tempuh. Terkait pemeriksaan Irjen, BPK dan inspektorat tahun 2014 harus tetap ditindak lanjuti.

Diakhir pengarahan Gubernur meningatkan secara tegas bahwa pengawasan internal perlu di tingkatkan, supaya tidak ada temuan, serta semua diharapkan mematuhi aturan.(tim/sulutonline)