Anggaran 2014 Masih Tersisa Rp 200 Miliar

Christiano Talumepa SHChristiano Talumepa SH

Talumepa: Ini Bagian Dari Penghematan

Manado-Entah ini kesalahan sistim atau bagimana?, namun yang pasti, Pemprov Sulut menyisahkan anggaran tahun 2014 lalu sebesar Rp 200 miliar dari total anggaran Rp 2,5 triliun.

Asisten 3 Setdaprov Sulut Christiano Talumepa SH yang membidangi administrasi Pemprov Sulut menyebutkan bahwa, hal ini merupakan bagian dari penghematan anggaran.

“Ini bagian dari penghematan, Dananya ada dan tetap akan terpakai sesuai peruntukannya,”terangnya Selasa (06/01/2015).

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Barang Milik Daerah (BPK-BMD) Ir Olvie Atteng saat didampingi Kabid Perbendaharaan Wanda Musu SE, mengakui anggaran tahun 2014 lalu, baru terserap sebesar Rp 1,3 triliun dari total Rp 2,5 triliun dan sisanya masih ada Rp 200 miliar.

Dikatakannya, dana Rp 2,5 triliun tersebut merupakan masukan dari PAD, DAU, DAK dan Transfer lainnya.”Padahal, BPK-BMD buka sampai tanggal 31 Desember untuk proses administrasi pencairan. Namun, sejujurnya, banyak berkas yang dikembalikan tidak diperbaiki lagi oleh SKPD, sehingga tidak bisa diproses,”terang Atteng.

Namun jelas Atteng, sisa dana tersebut akan kembali masuk dalam APBD Perubahan 2015 dan akan disalurkan sesuai peruntukannya. Kecuali, Sisa Hasil Tender (SHT), akan dimasukan dalam kegiatan perubahan, termasuk pembayaran sisa piutang anggaran 2014 lalu.(tim/sulutonline).