SHS: Pemprov Telah Siapkan Lahan Relokasi

SHS saat memberikan sambutan dalam renungan peristiwa bencana 15 Januari 2014SHS saat memberikan sambutan dalam renungan peristiwa bencana 15 Januari 2014

Pemprov- Pemkot Peringati Setahun Tragedi Bencana 2014

Manado-Tragedi bencana banjir bandang dan tanah longsong yang menghantam Sulut, khususnya di Kota Manado, 15 Januari 2014 lalu, diperingati dalam gelaran acara yang digagas Palang Merah Indonesia (PMI) dengan tajuk “renungan peristiwa 15 Januari 2014” yang dipusatkan di kelurahan Dendengan Dalam, Kampung Merdeka, Manado, Kamis (15/01/2015).

Gelaran renungan ini menghadirkan gubernur DR Sinyo Harry Sarundajang, Wakil Gubernur DR Djouhari Kansil, Walikota Manado GS Vicky Lumentut, Wakil Walikota Harley Mangindaan, unsur Forkompimda serta pejabat teras Pemprov Sulut dan Pemkot Manado serta ratusan warga setempat.

SHS dalam sambutannya mengatakan, tragedi 15 Januari 2014 lalu, sangat memprihatinkan. Karena sebagian Kota Manado tenggelam. Untuk itu, SHS memberikan apresiasi pada seluruh kepala daerah 15 Kabupaten Kota yang turun langsung datang membantu warga Kota Manado. Solidaritas yang tercipta saat itu sangat luar biasa. Juga apresiasi pada seluruh stake holder yang ikut membantu, terutama TNI/Polri serta jajaran PNS Pemprov, Pemkot dan warga dari 15 beberapa kabupaten kota yang ikut membantu.
Bersama menyaksikan simulasi penyelamatan korban bencana oleh PMI
“Pemprov Sulut sendiri, telah menyiapkan tanah untuk relokasi warga korban bencana seluas 30 hektar di Pandu,”terang SHS.

Sementara, terkait bantuan pemerintah pusat yang sudah dijanjikan kepada warga yang kehilangan rumah serta rumah rusak berat, dipastikan SHS akan terealisasi tahun ini. “Saya dan pak Walikota sudah berusaha sampai ke pusat. Karena itu masyarakat kiranya ikut bersabar, karena pemerintah Kota dan Provinsi terus melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat,”ingatnya sambil memberikan apresiasi terhadap jajaran Pemkot Manado yang cepat tanggap saat bencana lalu. (tim/sulutonline).