Wagub: Tulude Momentum Ucapan Syukur

Suasana rapat pemantapan acara Tulude yang penuh kekeluargaanSuasana rapat pemantapan acara Tulude yang penuh kekeluargaan

Manado-Wakil Gubernur (Wagub) Sulut Dr Djouhari Kansil MPd yang juga selaku Ketua Umum Kerukunan Masyarakat Nusa Utara (Nustar) menegaskan, Tulude merupakan pesta adat yang bernuansa religius, yang oleh para leluhur dijadikan momentum ucapan syukur kepada Tuhan atas segala berkat dan pertolongan di tahun yang lama sambil memohon perlindungan di tahun yang baru.

Penegasan tersebut di sampaikan Wagub saat menghadiri Rapat Panitia Tulude Tingkat Provinsi Sulut dipimpin Ketua Harian Drs Mourits Berhandus SH MSi, di aula Bank Sulut Manado, Jumat (30/01/2015).

Rapat yang dihadiri para tokoh Nusa Utara seperti Mayjen TNI (Prun) Benny Mandalika, Zet Wallo, pengusaha Tonce Tenoh, Dirut Bank Sulut James Salibana, Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs Jhon Palandung MSi, Kaban Lingkungan Hidup Edwin Silangen SE MA, serta anggota panitia, berlangsung dalam suasana kekeluargaan.

“Seluruh rukun-rukun warga Nusa Utara se- Sulawesi Utara di undang untuk dapat menghadiri pesta adat Tulude yang akan digelar 7 Februari 2015 mendatang di lapangan Koni Sario Manado,”ajak Wagub Kansil.

Selain itu para tokoh agama Kristen dan Muslim, pimpinan dan anggota DPRD Provinsi maupun Kabupaten/Kota asal Nusa Utara juga diundang.

Wagub berharap, lewat Tulude ini akan memberi semangat baru bagi kita untuk menyatukan seluruh etnis Nusa Utara dalam membangun daerah ini.

Gelaran pesta adat Tulude ini juga akan dimeriahkan dengan, musik bambu, masamper, upase dari Tahuna sebanyak 75 orang, juga ada tarian Kabela dari Bolmong, Kolintang dari Minut, Masamper dari Bitung serta Hadra bakal ikut memeriahkan Tulude kali ini.

Hal senada juga disampaikan Benny Mandalika, kiranya seluruh warga Nusa Utara bisa datang menghadiri pesta adat Tulude ini yang merupakan acara tahunan yang dilaksanakan setiap awal tahun, jelas mantan Dubes RI di Papua New Guinea dan mantan Atase Pertahanan RI di Amerika Serikat.

Sementara Zet Wallo, ikut menyampaikan mendukung penuh demi suksesnya pesta adat Tulude ini, sembari memberi alasan karena yang melaksanakan adalah Pemerintah Provinsi melalui Wagub Sulut, tandas salah satu pengusaha pelayaran lokal Sulut.(tim/sulutonline).