Banjir Tenggelamkan Sebagian Kota Bitung

Kondisi Kota Bitung saat diterjang banjir Rabu 04 Februari 2015Kondisi Kota Bitung saat diterjang banjir Rabu 04 Februari 2015

Bitung Status Siaga Bencana

Bitung
-Intensitas curah hujan yang cukup tinggi yang terjadi sejak Selasa (03/02/2015) hingga Rabu (04/02/2015) di Kota Bitung membuat hampir seluruh wilayah di Kota Bitung terendam banjir.

“Saat ini, Bitung status siaga bencana sehingga masyarakat diminta untuk waspada dan sewaktu-waktu harus siap diungsikan ke tempat yang dianggap aman,”terang Kepala BPBD Pemkot Bitung Adry Supit, Rabu (04/02/2015) sore pada wartawan.

Supit juga mengingatkan agar warga kota Bitung mewaspadai ancaman longsor dan pohon tumbang, seraya mengatakan, pihaknya sudah melakukan antisipasi dengan melepas personil di sejumlah lokasi pemukiman yang dianggap rawan bencana.

“Kami juga terus berkoordinasi dengan perangkat kecamatan untuk memperingatkan warga yang bermukin di lokasi rawan bencana,” katanya.

Dari pantauan wartawan, banjir terlihat di pusat kota Bitung terlihat genangan air mencapai ketinggian sekira 50 cm. Namun di beberapa lokasi rendah tinggi air mencapai dada orang dewasa Demikian juga di depan Pelabuhan Samudera Bitung sampai Depan Kantor Walikota hingga ke kecamatan Mandidir.

Alhasil, Walikota Bitung Drs Hanny Sondakh, terpaksa turun memantau kendati cuaca dalam keadaan hujan deras.“Saya minta seluruh warga tetap waspada dalam melaksanakan aktivitas. Terutama di wilayah-wilayah yang tergolong rawan bencana juga terutama warga yang berdomisili dipinggiran aliran sungai,”ingatnya.

Sondakh menambahkan saat ini Dinas terkait sudah mulai mendata seberapa banyak warga yang mengalami musibah dalam kejadian ini yang nantinya akan segera ditindaklanjuti dengan memberikan bantuan tanggap darurat.

Dalam kesempatan tersebut walikota melakukan pemantauan di Kecamatan Matuari tepatnya di Kelurahan Manembo-nembo Bawah, Manembo-Atas, ruas jalan 46, Kecamatan Girian, Aertembaga, Maesa serta Kecamatan Madidir.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulut Ir Noldy Liow melalui Kepala Bidang Tanggap Darurat Drs Jhon Wungow menyebutkan, saat ini pihaknya sementara mendistribusikan sejumlah bantuan bagi korban bencana banir di Kota Bitung.

"Bantuan sementara disalurkan berupa, 150 paket Matras, 150 paket Selimut, 150 paket pakiaan, 150 paket family kit dan 150 paket perlengkapan dapur,"jelas Wungow, Rabu malam. (tim/sulutonline).