Komnas HAM Bakal Berkantor di Sulut

DSC_9338

Manado-Pentingnya payung hukum yang sesuai dengan aspirasi masyarakat baik saat ini maupun masa datang, terkait perlindungan dan penghormatan terhadap HAM di daerah ini, memaksa Pemerintah Provinsi Sulut dan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) RI melakukan penandatangan Memorandum Of Understanding (nota kesepahaman), untuk mengadakan kantor Komnas HAM di Sulut.

Penandatangan MoU itu sendiri dilakukan langsung Gubernur Sulut DR. Sinyo Harry Sarundajang dan Ketua Komnas HAM RI Ifdhal Kasim di ruang Mapaluse Kantor Gubernur Sulut, Kamis (25/08).

Sarundajang mengatakan, penandatangan nota kesepahaman dengan Komnas HAM, merupakan satu langkah maju bagi daerah Sulut, sebab berbicara masalah HAM tentunya kita tidak bisa ketinggalan dengan daerah lain. Sebagai public servant tentunya pemerintah harus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat sesuai aturan yang berlaku, karena masyarakat mempunyai hak untuk mendapatkan pelayanan yang baik dari pemerintah.

Menjawab permintaan Kasim agar pemprov dapat menyiapkan kantor untuk Komnas HAM di daerah ini, langsung mendapat respons dari Gubernur Sarundajang. Bahkan dia menyebutkan, dalam waktu dua-tiga bulan kedepan pemprov akan menyiapkan ruangan kantor bagi petugas Komnas HAM yang akan bertugas di Sulut.

"Masih banyak ruangan di kantor gubernur yang masih kosong, pokoknya pak Kasim tak perlu cemas dan risau kami akan siapkan itu," kata Sarundajang.

Kasim mengakui, pelanggaran HAM yang terjadi di daerah ini dianggapnya masih rendah, namun di Sulut pernah terjadi kasus seperti minamata waktu lalu di era PT. Newmont Minahasa Raya (PT. NMR) dan hasilnya tidak terbukti, serta sengketa sumber daya alam, namun kehadiran Kantor Komnas HAM di daerah akan sangat membantu pemerintah dalam upaya perlindungan dan penegakan hak-hak asasi manusia bagi rakyatnya.

Kasim juga menambahkan, dalam menjalankan kerjasama ini, kita tetap mengacu pada fungsi, tugas dan kewenangan masing-masing sebagaimana dimandatkan dalam peraturan dan perundang undangan yang berlaku. “Nota kesepahaman bersama ini berlaku untuk jangka waktu yang bisa kita tentukan dengan ketentuan dapat di perpanjang kembali atas persetujuan masing-masing pihak,” katanya.(Tim/sulutonline).

Someone necessarily help to

Someone necessarily help to make significantly
posts I'd state. This is the first time I frequented your web page and to
this point? I surprised with the research you made to create
this particular submit extraordinary. Fantastic task!

Feel free to visit my blog; [url=http://caritas.ge/ka/events-page/event/%e1%83%a2%e1%83%a0%e1%83%94%e1%83%9c%e1%83%98%e1%83%9c%e1%83%92%e1%83%98-%e1%83%a1%e1%83%90%e1%83%a5%e1%83%90%e1%83%a0%e1%83%97%e1%83%95%e1%83%94%e1%83%9a%e1%83%9d%e1%83%a1-%e1%83%99%e1%83%90-3/]garcinia
cambogia journal[/url]

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

More information about formatting options

By submitting this form, you accept the Mollom privacy policy.