Golden Triangle Ingatkan Waspadai Cuaca Ekstrim

Golden TriangleGolden Triangle

Ketinggian Ombak Mencapai 5 Meter

Manado-Gubernur Sulut DR Sinyo Harry Sarundajang, Wakil Gubernur DR Djouhari Kansil, Sekdaprov Sulut Ir SR Mokodongan atau lebih dikenal dengan sebutan Golden Traingle, mengingatkan agar seluruh warga Sulut untuk mewaspadai cauca ekstrim yang terjadi sejak Selasa (03/02/2015) hingga Rabu (04/02/2015).

“Diingatkan agar seluruh warga Sulut waspada ! terutama yang tinggal disepanjang bantaran sungai, perbukitan, dan pesisir pantai. Juga diingatkan kepada seluruh perusahaan pelayaran, termasuk nelayan agar jangan memaksakan diri untuk melaut mengingat ombak sangat tinggi,”ingat Golden Triangle melalui juru bicara Pemprov Sulut Drs Yahya Rondonuwu, Rabu (04/02/2015) malam.

Imbauan ini ditegaskan mengingat peringatan dari Badan Meteorologi dan Klimatologi (BMKG) Sulawesi Utara, terkait cuaca ekstrim yang melanda Sulut. Data stasiun maritim BMKG Sulut pukul 07.00 wita, Rabu (04/02/2015) gelombang setinggi Empat hingga Lima meter diperkirakan terjadi di perairan Samudera Pasifik Utara, serta Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Talaud.

Sementara gelombang setinggi 3-4 meter diperkirakan terjadi di laut Halmahera, perairan Utara Halmahera, perairan Bitung dan Manado, perairan laut Maluku bagian Utara serta laut Sulawesi bagian Timur.

"Nelayan tradisional yang menggunakan kapal kecil harus lebih waspada terhadap ancaman gelombang tinggi. Begitupun dengan kapal-kapal penyeberangan antar pulau,"ingat prakirawan stasiun meteorologi BMKG Sulut Nurhadi.

Nurhadi juga menyebutkan, diperkirakan hujan masih akan mengguyur hingga esok hari, Kamis (05/02/2015) dengan intensitas sedang, sementara kecepatan angin antara 20-30 kilometer per jam.

BMKG juga menyebutkan, curah hujan pada Kamis besok akan terjadi di Manado dengan Suhu: 22 - 31 °C, Kelembaban : 65 - 98 % dengan kecepatan Angin: 20 (km/jam) dari Arah Utara. Tondano; Hujan Ringan, dengan Suhu: 18 - 28 °C pada Kelembaban: 70 - 98 % dengan kecepatan Angin:16 (km/jam) dari arah Utara. Bitung; Hujan Sedang dengan Suhu: 24 - 33 °C pada kelembaban: 55 - 90 % dengan kecepatan Angin: 20 (km/jam) dari arah Barat Laut. (tim/sulutonline).