DPD RI Salut Bank Sulut Ekspansi ke Luar Sulut

Suasana Dailog DPD RI dengan Bank Sulut yang dipimpin Fabian SarundajangSuasana Dailog DPD RI dengan Bank Sulut yang dipimpin Fabian Sarundajang

Bank Sulut Ajak Masyarakat Manfaatkan Kredit Usaha

Manado- Torang pe bank, PT Bank Sulut, kembali diberi apresiasi. Sebelumnya, torang pe bank menerima Gold Champion kategori Saving Acount dari Markplus Inc, kini pernyataan salut diucapkan anggota Komite IV DPD RI.

Melalui pimpinan Komite, senator asal Aceh Drs H Ghazali Abbas Adan, menyatakan salut atas inovasi Bank Sulut yang telah melakukan ekspansi ke luar daerah. Bahkan, dari hasil ekspansi tersebut, telah menghasilkan pemasukan senilai Rp 3 triliun dari cabang Jakarta, Surabaya dan Malang.

“Ini ide bagus dan brilian. Ini namanya bukan hanya jago kandang tapi juga diluar. Sebab tidak banyak bank daerah berani melakukan hal ini. Contoh ini akan saya sampaikan ke daerah saya (Aceh, red) agar bisa mengikuti format seperti Bank Sulut,”kata Abbas dalam dialog yang dipimpin senator asal Sulut Fabian Sarundajang diaula Bank Sulut, Kamis (05/02/2015).
Fabian Sarundajang anggita DPD RI dan Dirut  Bank Sulut James Salibana saat penandatangan kesepakatan
Namun pada sisi lain, Abbas juga mengkritisi banyaknya perbankan tidak “melirik” masyarakat sebagai mitra bisnis. Sejujurnya kata dia, masih banyak masyarakat yang tidak mendapat kredit dari perbankan, karena sulitnya akses.

Nah, Bank Sulut harus melihat ini. Apalagi ini bank daerah sangat penting sebagai katalisator pembangunan di daerah, yang tidak hanya berperan sebagai sumber PAD, melainkan juga diperlukan untuk penguatan ekonomi masyarakat di daerah melalui pembinaan usaha masyarakat, termasuk UMKM.

Sementara senator asal Nusa Tenggara Timur (NTT) Adrianus Garu SE, memberikan masukan agar Bank Sulut dalam menopang pemberdayaan ekonomi masyarakat, disarankan membuka cabang di setiap kecamatan yang ada. “Karena, kedepan dana dari pemerintah pusat akan dikelola langsung oleh desa,”ingatnya seraya menyebutkan hasil dialog tersebut akan dibicarakan sesama anggota DPD RI di Jakarta.
Ketua Komite IV DPD RI  Drs H Ghazali Abbas Adan saat tukaran cinderamata dengan Dirut Bank Sulut James Salibana
Menanggapi ini, Dirut Bank Sulut James Salibana SE yang didampingi seluruh jajarannya menyatakan terima kasih atas masukan tersebut. “Dari dulu juga Bank Sulut sudah membuka akses bagi masyarakat. Makanya melalui kesempatan ini, saya ajak masyarakat untuk memanfaatkan Bank Sulut melalui pinjaman kredit,”ajaknya dalam dialog yang juga dihadiri Kepala Biro ekonomi Setdaprov Sulut Jane Mendur SE.

Salibana juga menambahkan, ke depan pihaknya akan membuka cabang di kecamatan untuk memudahkan akses masyarakat terhadap perbankan.

Dialog dalam suasana keleluargaan tersebut diakhir dengan penandatangan 8 (Delapan point) kesepakatan. Termasuk sejumlah usulan Dirut Bank Sulut untuk diformulasi dalam pelaksanaan Undang-Undang tentang OJK yang telah ditetapkan dengan UU nomor 21 tahun 2011, agar diatur masa transisi mengenai kewenangan OJK dan BI hingga tidak merugikan bisnis perbankan.

Diketahui, Komite IV DPD RI yang berkunjungan ke Sulut tersebut, Fabian Sarundajang (Sulut), Drs H Ghazali Abbas Adan (Aceh), Dedi Iskandar Batubara Ssos (Sumut), H Abu Bakar Jamalia (Jambi), Drs HA Budiono (Jatim), Dd H Andi Surya (Lampung), Basri Salama (Maluku Utara), Adrianus Garu SE (NTT) dan Ir H Iskandar Muda Lopa (Sulbar). (tim/sulutonline).