Jumlah Penderita DBD Sudah 433 Orang

Wagub Kansil saat memimpin Fogging di Kecamatan Mapanget akhir Januari laluWagub Kansil saat memimpin Fogging di Kecamatan Mapanget akhir Januari lalu

Meninggal 5 Orang, Kasus Terbanyak Kota Manado

Manado-Kejadian Luar Biasa (KLB) Demam Berdarah Dengue (DBD) di Sulut, terus menggila. Pasalnya, hingga Kamis (05/02/2015), data menunjukan korban DBD di Sulut sudah mencapai 433 orang dengan 5 orang meninggal dunia.

“Sampai hari ini, data pukul 16.30 wita, jumlah korban DBD sudah mencapai 433 orang dengan 5 orang meninggal dunia,”ungkap Kepala Dinas Kesehatan Sulut dr Grace Punuh melalui melalui Kabid Promkes dr Ingrid Girot M.Kes, dan Kabid PMK dr Hendrik Tairas, Kamis malam.

Disebutkan korban DBD terbanyak berada di Kota Manado dengan total penderita 143 orang dengan 3 orang meninggal dunia. Menyusul Minahasa Utara dengan 81 penderita berikut Kota Kotamobagu dengan 62 penderita.

“Data yang meninggal, Kota Manado 3 orang, Bitung 1 orang dan Sitaro 1 orang,”ungkap Giroth dan Tairas.
Tabel data kasus DBD yang tercatat di Posko PMK dinas Kesehatan Sulut
Menurutnya, dibandingkan dengan data pada bulan Januari 2014 lalu sebanyak 110 orang degan 5 orang meninggal, kini di tahun 2015 per bulan Januari hingga tanggal 05 Februari, tercatat 433 penderita dengan 5 orang meninggal dunia. Awal Februari ini ada ketambahan 11 penderita dengan 2 orang meninggal dunia.

Punuh kemudian kembali mengingatkan tentang bahaya DBD. Untuk itu, disarankan agar Dinkes Kabupaten dan Kota se Sulut, terus mengintensifkan Fogging dan pembagian asir Abate pada masyarakat, serta menjaga pola hidup bersih dengan menjaga kebersihan lingkungan.

“Jangan lupa 3M (Menguras, Mengubur dan Membakar). Jangan sampai ada air tergenang dan mengubur sampah atau membakar,”ingat Punuh. (tim/sulutonline).