Sulut Tuan Rumah Festival Seni Budaya India

Tarian Kathak dari India (Foto Ist)Tarian Kathak dari India (Foto Ist)

Manado-Sulut terus mendapat kepercayaan sejumlah negara sebagai tuan rumah pelaksanaan berbagai iven negara sahabat. Buktinya negara India memilih daerah kita, untuk hajatan festival seni budaya berupa tarian rakyat Bhangra dari Punjab India.

Sebelumnya, pada tahun 2012 lalu, besutan gelar seni tersebut pernah digelar di Sulut dengan menampilkan tarian Kathak yang dilaksanakan di Hotel Peninsula dan disaksikan Gubernur Sulut DR Sinyo Harry Sarundajang (SHS), dalam rangka kunjungan persahabatan Dubes India untuk Indonesia Gurjit Singh bersama Isteri Neeru Singh dan Konjen India di Bali Amarjet Singh.

“Nah, tahun 2015 ini akan digelar pada tanggal 20 Februari di auditorium Mapalus kantor Gubernur dalam rangka menyambut perayaan ulang Tahun (Anniversari) Negara tersebut,”terang Asisten Ekonomi Pembangunan (Ekbang) Drs Sanny Parengkuan, Rabu (11/02/2015) di sela-sela rapat persiapan menyambut kedatangan para duta seni Bombay tersebut.

Karenanya, Parengkuan saat didampingi Kadisbudpar Ir Happy Korah, Kadishub-Kominfo Joy Oroh, Kesbangpol Gun Lapadengan SH, Kepala Biro Hukum Marsel Sendoh SH serta Kepala Biro Pembangunan Farly Kotambunan SE, berharap instansi terkait dapat mempersiapkannya dengan sebaik-baiknya dalam kegiatan yang bertajuk "Festival of India in Indonesia, sedikitnya akan melibatkan 20 seniman terkemuka dari negaranya Mahatma Ghandi.

Kadisbudpar Sulut Ir Happy TR Korah menambahkan, kegiatan ini dalam rangka meningkatkan hubungan kerjasama yang selama ini sudah terjalin dengan baik antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah India.

“Seluruh warga Nyiur Melambai silahkan dapat untuk menyaksikan pagelaran seni budaya India yang sangat sensasional ini. Tidak dipunggut biaya alias gratis,”ajak Korah. (tim/sulutonline).